Share

Mau Jadi Ahli Surga? Yuk Kerjakan 7 Amalan Berpahala Luar Biasa Besar Ini

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 330 2607587 mau-jadi-ahli-surga-yuk-kerjakan-7-amalan-berpahala-luar-biasa-besar-ini-YLutMUgiVl.jpg Ilustrasi amalan berpahala besar untuk menjadi ahli surga. (Foto: Rawpixel/Freepik)
A A A

ADA amalan-amalan yang bisa membuat kaum Muslimin menjadi ahli surga kelak. Pasalnya, amal salih tersebut memiliki pahala yang sangat luar biasa besar. Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dalam ayat-ayat suci Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala menggambarkan surga sebagai tempat yang sangat indah. Para penghuninya mudah mendapatkan apa pun yang diinginkan.

Baca juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Juni 2022, Lengkap Niat dan Keistimewaannya 

Dalam buku berjudul 'Masuk Surga Tanpa Hisab' karya Abdul Nashir Balih, disebutkan ada sebuah hadis yang mengungkapkan tiga golongan orang mukmin pertama masuk surga.

Mereka adalah orang yang mati syahid, orang yang suci karena kesuciannya, dan hamba sahaya yang beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan baik serta memberikan nasihat kepada tuannya.

Dikutip dari tayangan di kanal YouTube At-Taqwa, berikut ini 7 amalan yang bisa membuat seseorang menjadi ahli surga atau masuk surga.

1. Menjenguk kerabat yang sakit

Amalan ini juga bisa menjadikan kaum Muslimin sebagai ahli surga. Mengapa demikian? Karena sebagai bentuk menjalin silaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Barang siapa yang menyambungku maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barang siapa yang memutuskanku maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya." (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 8 Juni 2022M/8 Dzulqa'dah 1443H 

2. Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis bisa menjadi salah satu jalan untuk masuk surga. Sebab pada kedua hari ini pintu surga dibuka dan setiap dosa akan dihapuskan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berkata, "Amal-amal kebajikan dilaporkan pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amalanku dilaporkan sedang aku dalam keadaan berpuasa." (HR Tirmidzi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Memberi makan orang miskin

Memberi makanan untuk orang miskin atau kurang mampu juga menjadi salah satu amalan yang bisa membuka pintu surga.

Baca juga: 3 Perkara yang Jadi Amal Jariyah ketika Sudah Meninggal, Penolong di Akhirat Kelak! 

4. Takziah

Takziah bisa dibilang sebagai amalan ringan yang bisa dilakukan kaum Muslimin. Takziah atau meringankan beban orang lain bisa menjadi amalan yang akan memudahkan seseorang untuk masuk surga tanpa hisab. Dalam sebuah hadis dikatakan, Allah Subhanahu wa ta'ala akan meringankan beban di dunia dan akhirat seorang yang meringankan beban orang lain.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Barang siapa yang membantu seorang Muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barang siapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat." (HR Muslim)

5. Memperbanyak bacaan tauhid

Sering membaca tauhid juga salah satu perintah Allah Subhanahu wa ta'ala yang paling besar. Puncak keutamaan yang dianugerahkan kepada ahli tauhid yaitu bisa mendapat kesempatan masuk surga tanpa hisab.

6. Menunaikan sholat fardhu

Menunaikan sholat fardu tepat waktu bisa menjadi cara untuk masuk surga. Selain sholat, tentu kewajiban lainnya sebagai seorang Muslim harus dijalankan seperti puasa Ramadhan, membayar zakat, dan menjauhi segala larangan-Nya.

Baca juga: 6 Keistimewaan Orang Mualaf: Diampuni Dosanya hingga Terhindar dari Azab 

7. Sholat berjamaah di masjid

Allah Subhanahu wa ta'ala menjanjikan kepada orang-orang yang sholat berjamaah di masjid ganjaran pahala sebanyak 27 derajat. Namun perlu diketahui maksud dari 27 derajat tidak bisa dijangkau oleh akal. Oleh karena itu, amalan inilah yang bisa menjadikan kaum Muslimin sebagai ahli surga.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini