Share

Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Bacaan Teks Arab, Latin, Terjemahan Indonesia

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 618 2608038 doa-selamat-dunia-akhirat-lengkap-bacaan-teks-arab-latin-terjemahan-indonesia-vagjl6Remx.jpg Ilustrasi membaca doa selamat dunia akhirat. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA selamat dunia akhirat sangat penting diketahui kaum Muslimin. Tidak ada satu orang pun yang tak menginginkan keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Seperti diketahui, kehidupan dan kesenangan di dunia hanyalah sementara. Sedangkan kehidupan yang sesungguhnya adalah setelah kematian terjadi.

Akan tetapi untuk bisa menjalani kehidupan yang bahagia usai kematian tentu tidak mudah. Umumnya setiap orang melakukan berbagai macam ikhtiar baik dhohir dan bathin untuk menjaga kehati-hatian, berbuat baik dengan sesama dan selalu bermunajat dengan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk memohon keselamatan.

Dalam ajaran agama Islam terdapat beberapa doa selamat dunia akhirat yang bisa diamalkan setiap saat untuk memohon keselamatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Lantas, apa saja doa selamat dunia akhirat yang perlu diketahui? Simak ulasannya berikut ini.

1. Surat Al Baqarah Ayat 201

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Rabbaanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannar.

Artinya: "Dan di antara mereka ada yang berdoa, 'Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka'."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Doa keselamatan lengkap

اَللّٰهُمَّاِنَّانَسْئَلُكَسَلَامَةًفِىالدِّيْنِ،وَعَافِيَةًفِىالْجَسَدِوَزِيَادَةًفِىالْعِلْمِوَبَرَكَةًفِىالرِّزْقِوَتَوْبَةَقَبْلَالْمَوْتِوَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِوَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّهَوِّنْعَلَيْنَافِيْسَكَرَاتِالْمَوْتِ،وَنَجَاةًمِنَالنَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Latin: Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

3. Doa Nabi Luth

Dalam Alquran terdapat kisah Nabi Luth alaihissallam yang berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar terhindar dari orang-orang zalim, sebagaimana dalam Surat As-Syu'ara Ayat 169 berikut ini:

رَبِّنَجِّنِيوَأَهْلِيمِمَّايَعْمَلُونَ

Latin: Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya’maluun

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan."

Demikian doa selamat dunia akhirat lengkap dengan bacaan teks latin dan artinya. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini