Share

Viral Video DPR Marah ke Menag, Ini Fakta Sebenarnya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 614 2608669 viral-video-dpr-marah-ke-menag-ini-fakta-sebenarnya-MTzhdu68ru.jpeg Terungkap fakta sebenarnya di balik video viral DPR marah ke Menag. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

VIRAL video yang memperlihatkan Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto marah kepada Menteri Agama (Menag). Yandri dalam video itu berbicara tentang adanya dugaan pemotongan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Video viral berdurasi 2 menit 27 detik itu dikemas sedemikian rupa, tampak seakan Yandri Susanto sedang berbicara dengan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Kemasan video itu ditambahi dengan tulisan "Di tubuh Kemenag rupanya blm siap Bartobat" di bagian atas, dan tulisan "Hasil temuan KPK bikin geger Publik dengan korupsi 2,5T" di bagian bawah.

Baca juga: Kisah Bule Inggris Masuk Islam Setelah Takjub Lihat Kebaikan Penjual Kebab 

Terungkap fakta sebenarnya di balik video viral DPR marah ke Menag. (Foto: Kemenag.go.id)

"Itu video olahan, terjadi bukan pada era Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas," tegas Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz di Jakarta, Kamis (9/6/2022), dikutip dari Kemenag.go.id.

Dia menerangkan, video pernyataan Ketua Komisi VIII DPR tersebut adalah penggalan dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR dengan Kemenag yang berlangsung pada 8 September 2020. Saat itu Raker mengagendakan pembahasan tentang RKA K/L Tahun Anggaran 2021 dan Solusi Isu-isu Aktual.

Baca juga: Geger Pesta Bikini di Depok, MUI Ajak Masyarakat Memperkuat Ketahanan Keluarga 

"Video tersebut oleh orang yang tidak bertanggung jawab diolah sedemikian rupa, disandingkan dengan dokumen foto/video saat Gus Men rapat kerja dengan Komisi VIII pada waktu dan tema yang berbeda. Caption yang tertulis dalam video tersebut berbeda juga," jelas Gus Alex –sapaan akrabnya.

"Padahal, Gus Yaqut baru dilantik sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo pada Desember 2020. Ini jelas framing jahat," tegasnya lagi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sejak dilantik, lanjut dia, Menag Yaqut justru terus melakukan pembenahan di Kementerian Agama. Dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, 2 Juni 2022, Gus Men secara tegas mengatakan tidak ada toleransi kepada jajaran Kemenag atas penyimpangan dan pemotongan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pesantren.

"Gus Men bahkan mendorong agar kasus-kasus yang terjadi di masa lalu bisa segera diselesaikan secara hukum. Bahkan, Gus Men sendiri siap melaporkan jika ada jajaran Kemenag yang melakukan penyimpangan, pungutan atau pelanggaran terkait BOP," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Bule Australia Ini Masuk Islam Gara-Gara Temukan Buku Diary Tua, Isinya Bikin Takjub! 

Baca juga: Abu Nawas Minta Jodoh yang Cantik Jelita: Buat Nemenin Ibuku, Bisa Aja! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini