Share

Doa Pembuka dan Penutup Majelis, Lengkap Keistimewaannya yang Luar Biasa Besar!

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 618 2612338 doa-pembuka-dan-penutup-majelis-lengkap-keistimewaannya-yang-luar-biasa-besar-9PmpAO3VL7.jpg Ilustrasi membaca doa pembuka dan penutup majelis. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA pembuka dan penutup majelis ternyata sangat ingin diketahui banyak Muslimin. Menurut bahasa, majelis adalah suatu perkumpulan atau acara yang dihadiri oleh sekelompok orang untuk membicarakan atau membahas suatu hal. Majelis dapat berupa majelis muamalah, majelis musyawarah, majelis taklim, maupun pengajian.

Dalam majelis disarankan membuka acara dengan doa. Begitu pula saat penutupan, sebaiknya juga dengan doa. Doa yang kerap diucapkan saat pembukaan dan penutupan majelis disebut dengan doa kafaratul majelis.

Lantas, bagaimana doa pembuka dan penutup majelis? Simak ulasan berikut ini, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Doa Pembuka Majelis

نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُبِاللَّهِ مِنْ شُرُوْرِأَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا . مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَىى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أجْمَعِيْنَ أَمَّابَعْدُ

Nahmaduhu wanasta’inu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Min yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Allohumma solli wasalim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’ina amma ba'du.

Artinya: "Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amalanku. Barang siapa telah Yang Maha Kuasa berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barangsiapa yang telah Yang Maha Kuasa sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Ya Yang Maha Kuasa limpahkanlah shalawat dan salam bagi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, keluarga, dan sahabat-sahabatnya."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa Penutup Majelis

Adapun doa penutup majelis yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallohumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaha illa anta, as-tagh-firuka wa atuubu ilaik.

Artinya: "Maha Suci Engkau, wahai Allah, dan dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertobat kepada-Mu; kecuali diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu."

Demikian doa pembuka dan penutup majelis. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini