Share

Masya Allah! Terungkap 7 Kebaikan Eril Semasa Hidup, Rela Hujan-hujanan untuk Beri Sedekah

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 614 2612707 masya-allah-terungkap-7-kebaikan-eril-semasa-hidup-rela-hujan-hujanan-untuk-beri-sedekah-b0anUFfleK.jpg Mengenang kebaikan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril putra Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @ataliapr)
A A A

WAFATNYA Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akibat hilang tenggelam di Sungai Aare Swiss ternyata meninggalkan duka yang sangat dalam bagi publik Tanah Air. Ia semasa hidup dikenal sebagai sosok yang sangat baik. Sejumlah aksi sosial pun kerap dilakukan Eril bersama banyak pihak.

Berkat kebaikannya itu, semua orang merasa sangat kehilangan sosok Eril. Dibuktikan dengan ribuan orang mengantarkan jenazah Eril ke pemakamannya di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, pada Senin 13 Juni 2022.

Kebaikan apa saja yang telah Eril berikan kepada banyak orang? Berikut ini beberapa di antaranya , sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Di Makam Eril, Ridwan Kamil Beri Pesan untuk Arka Putra Bungsunya: Bismillah Kita Selesaikan Masjid Al Mumtadz 

1. Aktif di kegiatan sosial

Ridwan Kamil mengungkapkan lewat akun Instagram-nya bahwa Eril mendirikan dan aktif di organisasi Jabar Bergerak Zilennial. Dalam sebuah video, Eril mengajak anak muda untuk selalu memberi dampak dan bermanfaat untuk masyarakat.

"Salah satunya melalui sebuah organisasi anak-anak muda di bidang kemanusiaan yang ia dirikan, Jabar Bergerak Zilennial. @jaberzillenial," tulis Ridwan Kamil.

Eril putra Ridwan Kamil. (Foto: Instagram @ataliapr)

2. Membeli baju lebaran untuk anak-anak yatim

Ridwan Kamil sempat mengunggah untaian kata berisi perasaan dan kesaksiannya tentang kiprah Eril semasa hidupnya. Salah satu kebaikan Eril yang diungkap Ridwan Kamil adalah membelikan baju lebaran untuk anak-anak yatim piatu.

Baca juga: Doa sang Nenek untuk Eril dan Kisah Kain Kafan Dibawa Ridwan Kamil ke Swiss 

3. Bergabung dengan Gerakan Energi Baru dan Terbarukan (EBT)

Eril diketahui juga aktif di organisasi Society of Reneweble Energy (SRE). Organisasi tersebut fokus dalam optimalisasi Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Akun Instagram organisasi ini ikut mengunggah video berbagai kegiatan yang diikuti Eril di SRE. Salah satunya terkait dengan membuat panel listrik tenaga surya.

"Kami ingin mengoptimalkan potensi EBT di Indonesia," ucap Eril dalam video tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Memberi THR satpam

Eril juga pernah memberikan THR dari uang pribadinya untuk satpam. "Mungkinkah ini karena kebaikanmu membelikan baju lebaran kepa anak-anak yatim itu. Atau karena kebaikanmu ngasih THR dari uangmu sendiri ke satpam-satpam itu ril?" tulis Ridwan Kamil.

5. Sedekah dan melindungi orang lain

Ridwan Kamil juga menulis bahwa Eril rela hujan-hujanan memimpin anak muda membagikan sedekah ke panti asuhan dan warga miskin.

Selain itu, dia juga tak berat untuk melindungi orang lain. Bahkan hal ini dilakukannya di detik-detik sebelum hanyut di Sungai Aare. Diketahui, Eril memilih lebih dulu menyelamatkan adiknya.

"Mungkinkah ini buah dari saat kamu hujan-hujan memimpin anak-anak muda membagikan sedekah kepada panti asuhan dan duafa-duafa tua itu Ril?

Mungkinkah ini berkah dari kebaikanmu selalu melindungi sesama manusia di sekelilingmu Ril? Bahkan di saat kejadian itu, kamu selamatkan ibumu dengan melarangnya masuk ke sungai dan kamu relakan pelampung itu untuk adikmu," tulis Ridwan Kamil.

6. Mandiri dan menebar senyum

Ridwan Kamil juga menuliskan bahwa Eril adalah sosok yang mandiri. Terutama saat harus bekerja sambilan untuk mencukupi kebutuhannya.

"Mungkinkah ini pahala kesabaranmu, saat tidak semua maumu kami berikan walau kami mampu, sehingga kamu harus bekerja sambilan sambil kuliah Ril?" tulis Ridwan Kamil

"Mungkinkah ini balasan dari doa-doa malammu dan akhlak muliamu yang selalu menebar senyum penuh radiasi bahagia itu Ril?" lanjtunya.

7. Membelikan sepatu untuk satpam

Suatu ketika Eril dan keluarga pulang ibadah umrah. Mereka lalu melanjutkan perjalanan ke Spanyol. Di Kota Sevilla, Ridwan Kamil mampir ke sebuah toko sepatu.

Ketika itu Eril berkata, "Pap, titip beliin sepatu yang ini ya," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya tentang permintaan sang putra sulung.

"Tentulah saya belikan untuk anak kesayangan. Tapi dalam hati, saya bingung kenapa ukurannya beda," ungkap Ridwan Kamil lanjut bercerita.

Ternyata seminggu kemudian Ridwan Kamil baru tahu kalau Eril membeli sepatu itu bukan untuk dirinya. Sepatu itu untuk menjadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yang menjadi teman baiknya, karena suka dititipkan sepeda dan rajin mengelapnya.

"Mungkin sudah rezeki si satpam yang Eril panggil 'Masbro' untuk pakai sepatu keren buatan Spanyol," tulis Ridwan Kamil dengan hashtag #JejakEril.

Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini