Share

Bacaan Doa Buka Puasa Senin Kamis Sesuai Sunah, Lengkap Teks Arab, Latin, Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 618 2612751 bacaan-doa-buka-puasa-senin-kamis-sesuai-sunah-lengkap-teks-arab-latin-keutamaannya-YSC7BH2kzm.jpg Ilustrasi membaca doa buka puasa Senin Kamis sesuai sunah. (Foto: Shutterstock)
A A A

BERIKUT ini bacaan doa buka puasa Senin Kamis sesuai sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dibaca saat azan magrib sudah dikumandangkan. Raih keutamaan sangat luar biasa besar dari mengamalkan doa ini.

Doa pertama buka puasa Senin Kamis yakni membaca Bismillah yang artinya "Dengan menyebut nama Allah". Doa kedua sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam adalah:

Baca juga: 10 Manfaat Puasa Senin Kamis Buat Wanita, Bisa Melangsingkan Tubuh Lho! 

Ibnu Umar Radhiallahu 'anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

"Biasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah)." (HR Abu Dawud nomor 2357, An-Nasa'i 3315, dishahihkan Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Abi Dawud)

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Dirangkum dari Muslim.or.id, terdapat makna yang sangat baik di balik doa berbuka puasa tersebut. Semua Muslim diajarkan selalu bersyukur karena masih bisa berpuasa sekaligus menikmati waktu berbuka saat azan Sholat Magrib berkumandang.

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Ameena: Dulu Tomboi dan Pemberontak, Kini Jadi Ustadzah Terkemuka di Inggris 

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang paling bahagia bagi umat Islam. Sebagaimana dalam riwayat hadis, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره ، وفرحة عند لقاء ربه

"Orang yang puasa mendapatkan dua kebahagiaan bahagia saat berbuka, dan bahagia saat bertemu dengan Rabb-nya." (Muttafaq 'alaihi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam meminta kepada semua Muslim supaya menyegerakan berbuka puasa. Dianjurkan juga bersegera berbuka puasa ketika matahari terbenam.

Hal tersebut berdasarkan riwayat dari Umar bin Khathab Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

"Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka." (HR Bukhari Nomor 1954, Muslim 1100)

Baca juga: Masya Allah! Terungkap 7 Kebaikan Eril Semasa Hidup, Rela Hujan-hujanan untuk Beri Sedekah 

Berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

لا يزالُ النَّاسُ بخَيرٍ ما عجَّلوا الفِطرَ عجِّلوا الفطرَ

"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini