Share

Kambing Betina Dijadikan Hewan Kurban, Ini Hukumnya Menurut Syariat

Hantoro, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 330 2614153 kambing-betina-dijadikan-hewan-kurban-ini-hukumnya-menurut-syariat-owjy0ZrGil.jpg Ilustrasi hukum kambing betina dijadikan hewan kurban. (Foto: Freepik)
A A A

MENJELANG hari raya Idul Adha, banyak Muslimin bertanya-tanya terkait jenis kelamin hewan kurban. Apakah sapi atau kambing betina boleh dijadikan hewan kurban? Bagaimana hukumnya menurut syariat Islam?

Dikutip dari Muslim.or.id, tidak dijelaskan pula dalam suatu nash, baik Alquran maupun hadis, terkait jenis kelamin hewan kurban, jadi jantan atau betina dibolehkan. Sebagaimana riwayat dari Umu Kurzin Radhiyallahu anha, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ لَا يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَمْ إِنَاثًا

"Akikah untuk anak laki-laki dua kambing dan anak perempuan satu kambing. Tidak jadi masalah jantan maupun betina." (HR Ahmad nomor 27900 dan An-Nasa'i 4218, dishahihkan Syekh Al Albani)

Baca juga: Doa Menyembelih Hewan Kurban untuk Diri Sendiri dan Orang Lain, Lengkap Keutamaannya 

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

Baca juga: Bolehkah Kurban dengan Hewan yang Pernah Sakit? 

Berdasarkan hadis tersebut, Al Fairuz Abadzi As-Syafi'i mengatakan, "Jika dibolehkan menggunakan hewan betina ketika akikah berdasarkan hadis ini, menunjukkan bahwa hal ini juga boleh untuk berkurban." (Al Muhadzab 1/74)

Tetapi pada umumnya hewan jantan lebih baik dan lebih mahal dibandingkan hewan kurban yang berjenis kelamin betina. Maka itu, tidak harus hewan jantan, namun lebih diutamakan jantan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara shohibul qurban disyariatkan memilih hewan sebaik mungkin untuk kurban, sehingga pahalanya lebih besar. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ تَقْوَى الْقُلُوبِ

"Siapa yang mengagungkan syiar Allah maka itu menunjukkan ketakwaan hati." (QS Al Hajj: 32)

Baca juga: Ada Wabah PMK, Ini 6 Tips Aman dan Sehat Membeli Hewan Kurban 

Ibn Abbas mengatakan, "Mengagungkan syiar Allah (dalam berkurban) adalah dengan mencari yang paling gemuk dan paling bagus." (Tafsir Ibn Katsir, 5/421)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini