Share

Abu Nawas Menang Lomba Bikin Raja Tidur, Modalnya Cuma Cerita Amburadul!

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 614 2614329 abu-nawas-menang-lomba-bikin-raja-tidur-modalnya-cuma-cerita-amburadul-Kl2JX16otn.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas menang lomba cerita bikin Raja tidur. (Foto: Istimewa)
A A A

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau akrab disapa Gus Baha menceritakan sosok lucu Abu Nawas. Suatu hari Baginda Raja membuat semacam sayembara dan mengundang banyak penyair. Ini dilakukannya supaya dapat menceritakan suatu kisah yang bisa membuat Raja tidur.

Saat itu Raja tidak dapat tidur karena terngiang-ngiang dengan seorang perempuan yang pernah dilihat. Kemudian pada dasarnya ia adalah sosok raja yang baik, tidak mungkin berbuat serong dengan perempuan lain.

Baca juga: Geger! Abu Nawas Siang Bolong Bawa Lampu Buat Cari Neraka, Aneh Banget 

Kemudian Raja coba melupakannya, namun bayangan tentang perempuan yang dilihatnya tersebut membuatnya tidak bisa tidur. Oleh karena itu, Raja memutuskan melupakan perempuan itu dengan mendengarkan kisah dari para penyair.

Malam pun makin larut, tidak ada satu penyair pun yang bisa membuat Raja tertidur. Hingga akhirnya giliran Abu Nawas, ia pun menceritakan sesuatu yang sebenarnya tidak jelas kepada sang raja.

Ilustrasi humor Abu Nawas menang lomba cerita bikin Raja tidur. (Foto: Istimewa)

"Begini, Raja. Ada seekor semut yang penasaran dengan lubang telinga manusia. Untuk mengobati rasa penasarannya, semut itu masuk ke lubang telinga manusia. Ternyata di dalamnya gelap, dan semut itu tidak nyaman di dalamnya. Semut itu keluar. Tidak lama kemudian, semut itu melihat ke lubang telinga orang itu lagi. Semut tersebut penasaran, lalu masuk lagi ke dalamnya," katanya, dikutip dari alif.id.

Abu Nawas melanjutkan, "Ternyata di dalamnya gelap. Semut itu pun keluar lagi. Setelah berada di luar, semut itu masih juga penasaran. Dan lagi semut masuk lagi ke dalam lubang telinga manusia. Ternyata di dalam telinga, semut itu tidak nyaman lagi. Semut itu keluar lagi."

Baca juga: Abu Nawas Menang Lomba Membelakangi Raja, Caranya Unik Aneh Banget! 

Sebenarnya Abu Nawas mengisahkan cerita semut itu yang keluar masuk telinga berulang kali. Mendengar itu semua, Raja bosan dengan cerita Abu Nawas tentang semut yang bolak balik masuk telinga. Kemudian sang Raja pum berkata:

"Sudah, sudah. Cerita tidak jelas begini kok dikisahkan kepadaku. Mending aku tidur saja daripada mendengar kisah tak jelas begini."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian Abu Nawas akhirnya pulang dan tanpa disadari Raja akhirnya tertidur. Namun ketika bangun, Raja tersadar ternyata kisah-kisah indah para penyair malah membuatnya tak bisa tidur karena malah penasaran dengan cerita.

Lalu Abu Nawas akhirnya memenangkam sayembara itu karena ceritanya yang amburadul, tapi berhasil membuat Raja tidur.

Baca juga: Abu Nawas Korbankan Raja Buat Dimasak Jadi Bubur, Tega Banget! 

Baca juga: Abu Nawas Bisa Bikin Keledai Baca Buku, Caranya Unik Banget! 

Gus Baha memiliki banyak koleksi kitab. Di antaranya kitab humor Abu Nawas yang masih menggunakan bahasa Arab.

"Begitulah kecerdasan Abu Nawas. Saya punya banyak koleksi humor ulama, termasuk humor Abu Nawas. Barangkali Gus Dur malah punya koleksi humor yang lebih banyak karena bacaannya sangat banyak. Makanya, Gus Dur sering membuat orang tertawa karena humornya," ujar Gus Baha.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini