Share

Masya Allah! Masyarakat Indonesia Bangun Masjid di Amerika, Jadi Pusat Pengajian hingga Ekonomi

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 614 2614522 masya-allah-masyarakat-indonesia-bangun-masjid-di-amerika-jadi-pusat-pengajian-hingga-ekonomi-kTsOQbGGFU.jpg Masjid The IMAAM Center di Maryland, Amerika Serikat, yang dibangun masyarakat Indonesia. (Foto: Facebook IMAAM Center)
A A A

KABAR baik datang dari masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri. Dilaporkan bahwa mereka membangun masjid di Maryland, Amerika Serikat. Masjid tersebut bernama The Indonesian Muslim Association in America (IMAAM) Center.

Masjid ini dibangun antara lain atas bantuan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2014. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin pun berkesempatan mengunjungi masjid tersebut.

Baca juga: Selain Al Mumtadz untuk Eril, Ini 5 Masjid Indah Rancangan Ridwan Kamil 

Kunjungan dalam rangkaian menghadiri MTQ Internasional di Maryland ini untuk melihat perkembangan dan aktivitas masjid tersebut. Rombongan diterima Imam Masjid Ustadz Fahmi Zubir, Presiden The IMAAM Ustadz Arif Mustofa, dan pengurus lainnya.

Setelah Sholat Zuhur berjamaah di masjid berkapasitas 350 orang itu, dilakukan diskusi tentang aktivitas masjid dan perkembangan dakwah di Amerika secara umum.

Masjid The IMAAM Center di Maryland, Amerika Serikat, yang dibangun masyarakat Indonesia. (Foto: Facebook IMAAM Center)

"Alhamdulillah, sejak dibangun tahun 2014, masjid ini telah berfungsi baik, bahkan dipercaya oleh pemerintah setempat sebagai gambaran wajah Muslim Indonesia," terang Ustadz Fahmi Zubir, dikutip dari Kemenag.go.id, Senin (20/6/2022).

Ustadz Arif Mustofa menambahkan, Masjid The IMAAM Center telah aktif melayani umat Islam di Maryland, DC, dan Virginia dalam kegiatan ibadah maupun muamalah bahkan pendidikan nonformal.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 3 Tanda Ibadah Kurban Diterima Allah Ta'ala 

Ada sekolah mingguan bagi anak, pengajian Sabtu untuk umum, hingga aktivitas ekonomi untuk membiayai operasional takmir.

Kamarudin Amin mengaku sangat senang masjid yang dahulu dibangun dari bantuan DIPA Bimas Islam, kini telah beroperasi dan menjadi pusat Islam masyarakat Muslim Indonesia di Amerika.

"Saya ingat, dulu kami berupaya keras mengalokasikan bantuan untuk pembangunan masjid ini, atas arahan Bapak Menteri. Sekarang, alhamdulillah saya menyaksikan masjid ini telah jadi dan running dengan baik, dengan beragam aktivitasnya," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diskusi yang disertai jamuan makanan ala Indonesia ini juga melahirkan beberapa ide ke depannya. Antara lain, perlunya pengiriman penceramah dan imam masjid untuk beberapa masjid di Amerika. Kemudian dirasa perlu membuat madrasah sore untuk pemenuhan pendidikan agama anak-anak Indonesia di negara sekuler ini.

Kamarudin menegaskan bahwa Indonesia adalah gudangnya imam yang disukai hafalan dan tilawahnya. Demikian juga ada ribuan penceramah agama yang bercorak rahmatan lil alamin.

Baca juga: Zikir Pagi Hari Ini: Doa Keselamatan dalam Agama, Dunia, Keluarga, dan Harta 

Baca juga: Abu Nawas Menang Lomba Bikin Raja Tidur, Modalnya Cuma Cerita Amburadul! 

Sangat cocok dengan konteks Amerika yang multikultural ini. Maka itu, pihaknya akan mengupayakan terwujudnya harapan-harapan tersebut.

"Untuk kemajuan dakwah Islam dan soft diplomacy Indonesia di negara adidaya ini," tukasnya. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini