Share

Doa Memakai dan Melepas Pakaian Sesuai Sunah, Simpel Mudah Dihafal!

Hantoro, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 618 2615253 doa-memakai-dan-melepas-pakaian-sesuai-sunah-simpel-dan-mudah-dihafal-IbJcThOu3u.jpg Ilustrasi doa memakai dan melepas pakaian. (Foto: Diller/Freepik)
A A A

DOA memakai dan melepas pakaian sangat penting diketahui serta dihafal kaum Muslimin. Pasalnya, aktivitas ini pasti dikerjakan setiap orang, jadi hendaknya dijalani dengan berdoa, mengharap ridho dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Agama Islam memang sangat lengkap memberi panduan dalam kehidupan umat manusia. Salah satunya mengajarkan doa memakai dan melepas pakaian. Tujuannya agar selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala tersebut, termasuk baju atau pakaian yang dikenakan.

Langsung saja, berikut ini bacaan doa memakai dan melepas pakaian berdasarkan dalil-dalil yang sahih.

Baca juga: Presiden Jokowi Ulang Tahun Ke-61, Ini Doa-Doa Terbaik untuk Bertambahnya Umur 

Doa Memakai Pakaian

Dikutip dari Muslim.or.id, Ustadz Yulian Purnama mengungkapkan bahwa umat Islam hendaknya membaca doa berikut ini ketika memakai baju atau pakaian lainnya:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Alhamdulillahilladzi kasaaniy hadzats tsauba wa rozaqonihi min ghoiri hawlin minniy wa laa quwwah

"Segala puji bagi Allah yang telah memberikan pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku." (HR Abu Dawud nomor 4023. Dihasankan oleh Syekh Al Albani dalam kitab Shahih Abi Dawud)

Baca juga: Doa Zikir Pagi Hari Ini: Melancarkan Segala Urusan yang Dijalani 

Doa Melepas Pakaian

Ketika melepas pakaian atau baju ada doa tersendiri yang diajarkan untuk kaum Muslimin. Ini supaya aktivitas melepas pakaian menjadi lebih berkah.

Adapun doa melepas pakaian yakni cukup membaca Bismillah. Dijelaskan dalam riwayat Anas bin Malik radhiallahu 'anhu dikatakan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

سَتْرُ ما بينَ أَعْيُنِ الجِنِّ و عَوْرَاتِ بَنِي آدمَ إذا وضعَ أحدُهُمْ ثَوْبَهُ أنْ يقولَ: بسمِ اللهِ.

"Tirai penghalang antara mata jin dan aurat manusia adalah bila seseorang hendak melepaskan pakaian, hendaklah ia membaca Bismillah." (HR Thabrani dalam Al Ausath nomor 7062)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Diketahui bahwa pakaian pada dasarnya adalah salah satu nikmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Allah Ta'ala menjadikan manusia memiliki pakaian-pakaian yang memberikan banyak kebaikan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا

"Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan." (QS Al A'raf: 32)

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 21 Juni 2022M/21 Dzulqa'dah 1443H 

Baca juga: Selamat! 2 Hafiz Indonesia Raih Juara MTQ Internasional di Amerika 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini