Share

26 Oleh-oleh Khas Solo, Bisa Anda Borong untuk Buah Tangan Orang Terdekat

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 301 2615932 26-oleh-oleh-khas-solo-bisa-anda-borong-untuk-buah-tangan-orang-terdekat-993PpcNqn9.JPG 26 oleh-oleh khas Solo, salah satunya bakpia balong (Foto: Instagram/@bakpiabalongsolo)

SOLO, Jawa Tengah menjadi salah satu wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan untuk liburan. Terdapat sejumlah destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi, serta jangan lupa untuk membawa oleh-olehnya.

Nah, ada banyak varian oleh-oleh khas Solo yang bisa Anda borong. Tak hanya berbentuk makanan dan minuman saja, ada juga berupa fesyen seperti batik hingga blankon Solo. Lalu apa saja oleh-olehnya? Berikut seperti Okezone himpun dari berbagai sumber.

1. Serabi Notosuman

Barangkali sebagian orang, khususnya warga Solo sudah mengetahui Serabi Notosuman. Di mana kuliner satu ini sudah melegenda, kedai serabi tersebut sudah berdiri sejak 1920

Bagi Anda yang sedang melancong ke Solo, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi atau membelikan Serabi Notosuman sebagai oleh-oleh. Anda bisa menemukan serabi tersebut di Jalan Mohammad Yamin, Solo. Terdapat beberapa varian rasa, dua diantaranya adalah original dan cokelat.

2. Bakpia Balong

Selain Yogyakarta, Solo juga mempunyai bakpia lho. Rasanya tak kalah lezat, yaitu dinamakan Bakpia Balong. Bakpia ini juga mempunyai berbagai macam yaitu kacang hijau, keju kacang merah, coklat dan lainnya.

Jika Anda berkunjung ke Solo, bakpia ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Para pelancong bisa menemukannya di Jalan Kapten Mulyadi, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Infografis Kuliner Legendaris Jakarta

3. Intip Solo

Selanjutnya adalah intip Solo, di mana 'intip' dalam bahasa Jawa adalah kerak nasi. Di Solo sendiri intip merupakan makanan khas yang cocok dijadikan oleh-oleh. Salah satu ciri khasnya, yaitu taburan gula Jawa cair di atas gorengan intip. Intip Solo dibanderol harga dengan kisaran Rp10.000 tergantung dari besar atau kecil bulatan.

4. Solo Prabu

Lalu ada Solo Prabu yang merupakan kue oleh-oleh terbaru khas dari Solo. Kuliner satu nini memiliki cita rasa manis, serta teksturnya lembut. Solo Prabu merupakan bisnis kue milik pemain basket dari tim CLS Knights bernama Febri Utomo atau Febri Kempling.

Solo Prabu memiliki 10 varian rasa yaitu, cheese, green tea, blueberry, chocolate, dan sebagainya. Namun, harganya sedikit tinggi kisaran Rp40.000 sampai dengan Rp50.000 per satu kotak kue.

5. Serundeng

Di setiap daerah di Indonesia, memiliki versi serundeng dengan cita rasanya yang berbeda, termasuk salah satunya adalah kota Solo. Ciri khas yang membedakan serundeng dari Solo dengan lainnya, bumbu yang digunakannya seperti bawang merah, lengkuas, ketumbar, asam jawa, kunyit, dan lainnya.

Rasanya gurih dan manis, dengan warna kuning cerah dari kunyitnya. Maka tak jarang saat memasak serundeng ditambahkan potongan daging sapi, atau empal agar rasanya bisa semakin nikmat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Emping Melinjo

Bagi Anda penikmat sesuatu yang renyah, tak ada salahnya membawa emping melinjo atau keripik melinjo sebagai oleh-oleh khas Solo. Keripik ini terbuat dari biji melinjo yang digeprek hingga tipis lalu dijemur sampai kering sebelum akhirnya di goreng.

Rasa pahit dan aroma melinjo yang khas, akan terasa nikmat ditambah dengan bumbu gurih yang ditambahkan setelah emping digoreng. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan emping melinjo dengan rasa manis atau pedas.

7. Ampyang

Oleh-oleh khas Solo selanjutnya yaitu ampyang. Makanan satu ini merupakan olahan kacang tanah, gula merah, dan jahe yang dibuat berbentuk kepingan seperti rempeyek.

Rasanya manis, karena dari gula merah. Dipadukan dengan aroma pedas jahe, serta gurihnya kacang tanah sangrai yang menumpuk. Jajanan tradisional Solo satu ini, cocok dinikmati sebagai teman kopi atau teh.

8. Serbat jahe

Solo memiliki salah satu minuman khsa lho, wedang serbat namanya. merupakan minuman tradisional dari Solo yang terbuat dari berbagai macam rempah seperti jahe, sereh, dan rempah-rempah lainnya.

Aroma yang dikeluarkan dari jahe yang khas dan sensasinya hangat, sehingga mampu membantu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan terutama saat cuaca dingin.

9. Rambak Petis

Rambak atau kerupuk kulit biasanya dinikmati langsung sebagai pelengkap saat makan, atau jadi makanan saat bersantai. Nah camilan satu ini cocok lho dijadikan oleh-oleh, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Solo.

Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk rambak juga sering disajikan bersama sambal petis sehingga rasanya semakin lezat.

Saat dicocol, tekstur renyah dan gurih kerupuk rambak kulit sapi ini berpadu nikmat dengan sambal petis pedas yang khas.

10. Klengkam Solo

Lalu ada klengkam, merupakan sebutan untuk kering kentang khas Solo yang terbuat dari kentang dan bumbu rempah yang khas. Rasanya perpaduan antara pedas dan manis, sehingga sering menjadi pelengkap sajian nasi kuning.

Bentuknya tipis seperti keripik. Selain jadi pelengkap lauk, juga bisa dijadikan camilan. Anda hsia memperolehnya di toko-toko oleh-oleh sekitaran Solo.

11. Kremes Ayam Malioboro

Siapa sih yang tidak tahu tempat ini, yaitu Rumah Makan Kremes Ayam Malioboro. Kuliner satu ini sudah menjadi destinasi wajib bagi para penikmat wisata kuliner Solo.

Kelezatan ayam kremesnya sudah terkenal sejak tahun 1985, karena menggunakan bumbu dan ayam kampung pilihan. Maka tak heran jika hingga kini masih menjadi primadona oleh para wisatawan.

Rumah makan satu ini menggunakan ayam kampung asli, dan tak ketinggalan kremesannya yang sering dijadikan oleh-oleh khas Solo.

12. Mata Maling

Jika membaca namanya, memang agak terdengar absurd. Tapi jangan salah, mata maling ini merupakan camilan khas Solo, terbuat dari kulit melinjo. Kuliner tersebut termasuk jenis keripik yang dibuat dari kulit melinjo bagian luar yang lembut.

Sebelum dijadikan mata maling, kulit-kulit melinjo ini diberi bumbu dan dimasak hingga memiliki tekstur renyah dengan rasa pedas manis yang gurih. Oleh-oleh khas Solo tersebut cocok untuk dijadikan camilan.

13. Kerupuk Karak

Ternyata sisa nasi yang tidak termakan, juga bisa diubah menjadi camilan yang nikmat seperti kerupuk karak. Kerupuk ini terbuat dari nasi yang sudah dibumbui, lalu ditumbuk hingga tipis dan dijemur sebelum akhirnya digoreng.

Teksturnya renyah dengan rasa gurih yang khas, membuat kerupuk ini sangat nikmat menjadi teman menikmati berbagai hidangan. Jangan lupa saat jalan-jalan ke Solo membeli kerupuk karak untuk dijadikan oleh-oleh.

14. Balung Kethek

Kemudian ada balung kethek, oleh-oleh khas Solo yang bisa Anda borong untuk buah tangan. Makanan ini termasuk camilan dengan nama unik, bila diartikan kedalam bahasa Indonesia balung kethek memiliki arti tulang monyet.

Nama tersebut diberikan karena jajanan ini memiliki tekstur yang keras, dan bentuknya yang panjang sehingga mirip seperti tulang. Balung kethek sendiri merupakan sejenis keripik singkong yang dipotong memanjang hingga kering dan digoreng sebelum disajikan.

15. Brem Solo

Brem Solo ternyata juga memiliki versinya sendiri, dibandingkan dari Madiun. Jika biasanya brem berbentuk lempengan persegi panjang, brem dari Solo ini berbentuk bulat seperti koin dengan ukuran yang cukup besar.

Bahan utamanya berasal dari sari ketan hitam yang sudah difermentasikan, kemudian dibentuk hingga padat seperti yang diinginkan. Sensasi brem yang khas saat meleleh di dalam mulut, menjadi salah satu alasan panganan tradisional ini begitu disukai banyak orang.

16. Roti Kecik

Lalu ada roti kecik, merupakan salah satu camilan tradisional khas Solo yang menjadi favorit dari Sinuhun Pakubuwono X raja keraton Solo. Meski disebut roti, teksturnya yang cukup keras membuatnya lebih pantas disebut kue kering.

Bentuk roti kecik ini panjang lonjong, kecil dengan cita rasa yang manis dan gurih saat digigit. Bahan utama pembuatan roti ini terdiri dari campuran tepung beras ketan yang dipanggang sehingga mampu bertahan cukup lama.

17. Abon Mesran

Oleh-oleh unik lainnya dari Solo adalah Abin mesran yang juga bisa Anda bawa pulang dari Solo, merk satu ini sudah terkenal. Ciri khas abon ini yaitu serat daging dan bumbu yang digunakan begitu terasa dengan tambahan bawang goreng di dalamnya.

Terdapat dua jenis abon yang bisa dipilih, yakni abon sapi dan abon ayam yang memiliki pilihan rasa manis dan pedas. Abon yang tahan lama sangat cocok menjadi buah tangan dan camilan Anda saat tiba di rumah.

18. Kue Madarijin Solo

Solo juga memiliki variasi kue lapis yang tidak kalah nikmat dengan lapis legit khas Semarang yakni Kue Mandarijn. Berbeda dengan lapis legit pada umumnya, memiliki banyak lapisan, kue mandarijn khas Solo ini hanya terdiri dari beberapa lapisan saja.

Tekstur kue ini lebih lembut, rasanya manis legit yang begitu menonjol. Terdapat beberapa varian rasa kue yang bisa Anda pilih seperti rasa original, kismis, dan rasa spesial.

19. Pukis Badran

Pukis Badran termasuk salah satu oleh-oleh kekinian khas Solo yang wajib Anda beli sebagai buah tangan. Tak seperti pukis tradisional yang sedikit variasi, Pukis Badran ini memiliki 12 pilihan rasa berbeda yang mengikuti perkembangan zaman.

Anda bisa mendapatkan variasi pukis manis dengan rasa original, cokelat, keju, meises, gula arena, kismis, dan kurma yang sangat nikmat.

Ada juga rasa pukis kekinian yang menggunakan oreo, abon sapi, daging sapi, kacang, hingga cappuccino sebagai toping untuk dicoba.

20. Bakpia Balong

Bakpia tidak hanya ada di Jogja saja, solo juga memiliki makanan serupa yaitu Bakpia Balong Solo yang wajib dicoba. Memiliki varian rasa unik seperti ketan, kacang hitam dan cokelat.

Bakpia Balong memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bakpia jogja seperti yang sudah kamu kenal. Oh, ya teksturnya juga jauh lebih lembut berpadu dengan isian didalamnya.

21. Toko Roti Orion

Toko Kue Orion Mandarijn adalah roti mandarijnnya. Ada rasa mandarijn biasa, mandarijn kismis, dan mandarijn spesial. Toko kue Orion Mandarijn pun tidak menggunakan bahan pengawet untuk rotinya.

Soal awet tidaknya roti ini, roti buatan Orion Mandarijn ternyata bisa bertahan hingga satu minggu. Ternyata ada rahasia khusus dari bahan-bahannya, tapi roti ini rupanya aman-aman saja untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

22. Batik Solo

Setelah tadi membahas oleh-oleh yang berbentuk makanan, sekarang Anda bisa mengintip oleh-oleh berbentuk fesyen salah satunya batik Solo. Batik merupakan bagian peninggalan sejarah di Indonesia dan yang terbesar ada di pulau Jawa.

Kota Solo merupakan salah satu kota penghasil batik terbesar di Indonesia. Tempat rekomendasi berbelanja batik di Solo tentunya ada di Pasar Klewer, Kampung

23. Solo Floss

Solo Floss Roll bisa menjadi pilihan oleh-oleh menarik dari Solo jika Anda ingin menikmat abon dengan sensasi baru. Abon sapi yang biasanya menjadi taburan dan lauk pada nasi, diubah menjadi roti gulung yang nikmat dengan rasa yang khas.

Abon gulung khas Solo ini terbuat dari roti lembut yang digulung dengan isian abon sapi atau abon ayam asli. Terdapat dua pilihan rasa floss roll abon yang bisa Anda pilih yaitu rasa abon pedas dan rasa abon original.

24. Barang Antik

Selain batik, Solo juga menawarkan oleh-oleh menarik berupa barang antik berbagai bentuk mulai dari alat elektronik hingga pernak-pernik kecil. Barang-barang menarik ini bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Pasar Triwindu yang ada di daerah Banjarsari.

Di sini Anda bisa mendapatkan barang jadul yang sudah ada sejak puluhan hingga ratusan tahun yang lalu dan masih terawat dengan baik. Barang-barang antik ini sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan sekaligus melengkapi koleksi barang jadul Anda di rumah.

25. Blangkon Solo

Blangkon, surjan, dan kebaya sudah jadi pakaian adat jawa yang mudah Anda temukan saat berkunjung ke Jogja dan juga Solo. Namun terdapat perbedaan antara blangkon Jogja dan Solo dimana blangkon Solo memiliki bagian belakang yang lebih datar daripada blangkon Jogja.

Selain bentuknya bahan yang digunakan juga berbeda, blangkon Jogja menggunakan kain batik dominan warna putih sedangkan blangkon Solo berwarna cokelat. Blangkon Solo ini bisa menjadi souvenir khas Solo yang unik dan menarik untuk dibawa pulang.

26. Kaos khas Solo

Belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Solo namun belum membeli kaos khasnya sebagai oleh-oleh saat pulang. Padahal ada banyak tempat yang menjual kaos-kaos menarik tersebut seperti misalnya Toko Klamben yang berada di Pusat Grosir Solo.

Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai macam kaos menarik khas Solo dengan tulisan dan desain gambar yang bagus. Kualitasnya tidak kalah dengan Dagadu Jogja maupun Joger Bali yang sudah lebih dulu terkenal.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini