Share

9 Suku Tertua Indonesia, Usianya Bahkan Ada yang 1 Juta Tahun Lho

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 406 2616241 9-suku-tertua-indonesia-usianya-bahkan-ada-yang-1-juta-tahun-lho-1vbXyEFXGb.jpg Suku Dani, Papua salah satu suku tertua di Indonesia (Foto Daily Mail)

ADA 9 suku tertua Indonesia yang perlu diketahui. Indonesia termasuk negara yang beraneka ragam, mulai dari baik sumber daya alam maupun suku bangsanya.

Indonesia, menurut sensus Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010 terdapat lebih dari 1.340 suku bangsa. Suku Jawa merupakan kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41 persen dari total populasi.

Namun, tahukah suku mana yang tertua di Indonesia? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

9 Suku Tertua Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 9 suku tertua di Indonesia.

1. Suku Wajak

Suku Wajak datang dan mendiami desa Wajak yang berada di Tulungagung, Jawa Timur sekitar 500 ribu hingga 1 juta tahun lalu. Suku ini termasuk suku pertama yang datang ke Indonesia dan disebut sebagai suku tertua. Hal itu didasarkan dari hasil penemuan fosil manusia purba.

2. Suku Tomuna

Suku Tomuna merupakan suku bangsa yang mendiami pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Suku ini dipercaya sebagai suku bangsa yang pertama kali masuk ke Indonesia.

Diperkirakan nenek moyang suku ini berasal dari benua Afrika yang kemudian bermigrasi sekitar 50.000 tahun silam.

3. Suku Gayo

Suku Gayo mendiami dataran tinggi Gayo yang berada di Provinsi Aceh bagian tengah. Suku ini diperkirakan berasal dari India dan datang ke Tanoh Gayo sekitar 2000 tahun sebelum Masehi.

4. Suku Melayu

Suku Melayu tinggal di pulau Sumatera dan sekitarnya. Suku ini menjadi salah satu suku terbesar. Suku Melayu dibedakan dalam dua golongan, yaitu Golongan Melayu Muda atau Melayu Deutro. Suku ini diperkirakan datang ke Sumatera sekitar 500 tahun sebelum Masehi.

5. Suku Mentawai

Suku Mentawai mendiami pulau Mentawai di barat pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten Mentawai termasuk dalam Provinsi Sumatera Barat. Diyakini oleh para peneliti bahwa nenek moyang suku mentawai sudah menghuni kepulauan di barat Sumatera sejak 500 sebelum Masehi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Suku Kerinci

Suku Kerinci adalah suku yang mendiami di pulau Sumatera terutama di dataran tinggi Jambi. Suku ini dikenal sebagai Melayu Tua yang bermigrasi sekitar 400 sebelum masehi, dan melebur menjadi Suku Kerinci di Indonesia.

7. Suku Dani

Suku Dani adalah suku asli pulau Papua yang menempati lembah Baliem, Pegunungan Tengah, Jayawijaya, dan beberapa daerah Puncak Jaya. Suku Dani sendiri diyakini berasal dari sepasang suami istri yang tinggal di danau di sebuah desa bernama Maina di lembah Baliem.

ilustrasi

8. Suku Jawa

Suku Jawa merupakan suku mayoritas dengan jumlah penduduk 41 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian arkeolog, Suku Jawa termasuk suku tertua dan merupakan pribumi.

9. Suku Dayak

Suku Dayak adalah penduduk asli Kalimantan. Menurut beberapa ahli, suku Dayak adalah suku asli terbesar dan tertua yang mendiami Pulau Kalimantan. Gagasan ini didasari teori migrasi penduduk, dimana nenek moyang suku ini diperkirakan berasal dari beberapa gelombang migrasi.

Demikian 9 suku tertua di Indonesia yang wajib diketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini