Share

Berapa Sih Kalori Telur Ceplok?

Novie Fauziah, Okezone · Kamis 23 Juni 2022 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 298 2616531 berapa-sih-kalori-telur-ceplok-aHd9Aa0SLT.jpg Telur ceplok. (Foto: Coockpad)
A A A

TELUR merupakan salah satu sumber protein yang paling mudah dan murah untuk didapatkan. Telur cuma langsung dikonsumsi, telur juga bisa diramu dengan berbagai bahan pangan lainnya.

Tapi cara paling mudah untuk mengolah telur adalah dengan cara diceplok. Telur ceplok ini menjadi menu favorit bagi sebagian masyarakat, karena cara memasaknya yang praktis, mudah dan tidak harus menunggu waktu lama.

Namun meski diingat, bahwa di dalam telur ceplok juga terdapat kalori yang perlu Anda perhatikan. Setelah mengetahui seberapa jumlah kalori di dalamnya, maka ketika mengonsumsinya Anda dapat menakarnya sesuai dengan kebutuhan.

Telur ceplok

Dilansir dari Fat Secret menjelaskan, bahwa satu butir telur yang diceplok memiliki kandungan kalori sebanyak 92 kkal. Maka dari jumlah tersebut, 70 persen di antaranya terdiri dari lemak, 2 persen karbohidrat dan 28 persen protein.

Kemudian untuk kelengkapan nilai gizi dari satu telur ceplok antara lain;

Kalori: 92 kkal

Lemak: 7,04 gram

Karbohidrat: 0,4 gram

Protein: 6,27 gram

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, telur sedang/besar seberat 50 gram mengandung sekitar 70 kilokalori (290 kJ) energi makanan dan 6 gram protein.

Lebih lanjut, metode memasak juga dapat memengaruhi nutrisi dan dampak kesehatan telur. Misalnya, telur yang direbus cenderung mengandung protein yang lebih sedikit daripada telur digoreng seperti diceplok.

Telur yang direbus dapat mengandung beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin A, riboflavin, asam pantotenat, vitamin B12, fosforus, dan selenium. Selain itu, telur matang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Serta memiliki risiko penularan salmonelosis lebih rendah daripada telur mentah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini