Share

Pembuka Pintu Surga, Ini Amalan Berpahala Besar di Malam Jumat

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 330 2616972 pembuka-pintu-surga-ini-amalan-berpahala-besar-di-malam-jumat-mUBMskuijo.jpg Ilustrasi amalan malam Jumat pembuka pintu surga. (Foto: Shutterstock)
A A A

YUK dikerjakan amalan-amalan berpahala besar di malam Jumat berikut ini. Bisa menjadi pembuka pintu surga. Amalan tersebut di antaranya Di antaranya puasa sunah, sedekah, zikir, membaca Surah Al Kahfi, dan lainnya.

"Ada hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi. Rasulullah menyebutkan ada berbagai amalan itu dilaporkan kepada Allah yaitu pada hari Senin dan Kamis," ungkap dai muda Nahdlatul Ulama (NU) Ustadz Muhammad Najmi Fathoni kepada MNC Portal.

Baca juga: Kisah Ibu Rumah Tangga Hafal 30 Juz Alquran dalam 78 Hari: Kuncinya Bersihkan Hati, Perbanyak Istighfar 

Dia menerangkan, ketika Kamis malam tiba sebenarnya sudah mulai memasuk waktu hari Jumat. Ketika itu pintu-pintu surga dibuka seluas-luasnya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Rasulullah Shalallahu alaihi wassallam berfirman:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya: "Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu diampuni kecuali seseorang yang antara dirinya dengan saudaranya terdapat permusuhan." (HR Muslim)

Baca juga: Tobat dari Riba, Ibu Ini Bikin Warung Makan Gratis: Siapa pun Boleh Makan Setiap Hari 

Kemudian dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam At-Tarmidzi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Segala amal perbuatan manusia akan diperiksa pada hari Senin dan Kamis, maka aku ingin ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam keadaan berpuasa." (HR Imam At Tarmidzi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lebih lanjut Ustadz Najmi menerangkan, pada malam Jumat dianjurkan membaca Surah Al Kahfi. Maka di waktu inilah doa-doa akan dikabulkan dan datangnya rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis, berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: PN Surabaya Kabulkan Nikah Beda Agama, KH Cholil Nafis: Demi Martabat Bangsa Sebaiknya Ditinjau Ulang  

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: Putra Raja Salman, Muslim Pertama Baca Quran di Luar Angkasa 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini