Share

Menengok Pasar Anam, Tempat Jamaah Haji Berburu Kambing untuk Bayar Dam

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 398 2617036 menengok-pasar-anam-tempat-jamaah-haji-berburu-kambing-untuk-bayar-dam-YZRESJlVIU.jpg Ilustrasi/ Foto: MCH
A A A

MAKKAH - Menengok pasar kambing An'am yang lokasinya berada di perbatasan Jeddah-Makkah. Jaraknya sekitar tiga kilometer dari Pasar Kakiyah dan 10 kilometer dari Masjidil Haram, Makkah.

Pasar kambing Anam, tempat membeli kambing untuk membayar dam atau denda berupa menyembelih hewan. Bayar dam dilakukan karena jamaah haji Indonesia sebagian besar melakukan ibadah haji tamattu (umrah dulu baru berhaji).

Media Center Haji (MCH) berkesempatan mengunjungi pasar kambing Anam. Aroma khas menyengat langsung masuk ke hidung saat menginjakkan kaki di pasar kambing Anam. Ratusan kambing berbagai jenis berjejer di pasar ini.

Pedagang di pasar kambing langsung menawarkan kambingnya kepada pembeli. Mayoritas pedagang di pasar kambing Anam adalah pria berkulit gelap.

Soal harga kambing, bervariatif tergantung bobot kambing. Harga ditawarkan mulai dari 250 Saudi Riyal (SAR) per ekor atau setara Rp1 juta (kurs Rp4.000) dengan berat 10 kilogram (kg).

Ada juga berat kambing 30 kg dihargai 500 SAR atau setara Rp5 juta per ekor. Kemudian ada tarif jasa potong mencapai 60 SAR atau Rp240 ribu.

Transaksi di Pasar Kambing Anam

Para jamaah haji bisa memilih kambing tersebut sesuai harga yang disepakati. Jika sudah sepakat, jamaah akan diarahkan ke loket untuk membayar harga kambing tersebut.

Pasar kambing An'am menyediakan jasa penyembelihan di rumah potong. Lokasi pemotongan hewan yang letaknya masih satu komplek dengan pasar Kakiyah Makkah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di lokasi rumah penyembelihan hewan tersebut terdapat ratusan kambing yang tengah antre untuk disembelih. Di bagian lain terdapat pula kambing yang sedang digantung untuk kuliti.

Sebelum disembelih, kambing akan terlebih dahulu dibawa menggunakan troli, kemudian jamaah tinggal menyebutkan nama diri dan akan langsung disembelih oleh sang jagal, prosesnya pun sangat cepat.

Selain langsung ke pasar kambing, pemerintah Saudi melalui Perusahaan Motawif Jemaah Haji Asia Tenggara (Motowifs Pilgrims For South East Asian Countries Company) juga telah mengeluarkan surat petunjuk tentang Dam dan Kurban Tahun 1443H.

Surat ditujukan kepada Perwakilan Misi Haji Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

 BACA JUGA:Draf Terbaru RKUHP Belum Ditampilkan ke Publik, Ini Penjelasan Wamenkumham

Surat edaran tersebut menginformasikan bahwa jamaah dapat membayar dam melalui saluran pembayaran yang telah ditentukan pemerintah Arab Saudi, yaitu Bank Pembangunan Islam (IsDB), Bank Al Rajhi, Pos Saudi, dan Situs (ADAHI).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini