Share

5 Kota Tersembunyi di Dunia, Pesonanya Memanjakan Mata!

Tim Litbang MPI, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 408 2616581 5-kota-tersembunyi-di-dunia-pesonanya-memanjakan-mata-GS1smT7bDg.jpg Ilustrasi traveling (dok Freepik)

TERDAPAT beberapa kota tersembunyi di dunia dan tidak dapat ditemukan di peta. Ada kota yang digembok, terletak di dalam hutan, atau dikubur jauh di bawah tanah.

Kota-kota tersebut terdapat di Polandia sampai Amerika. Berikut ini kota-kota tersembunyi di dunia.

Burlington, Inggris

Burlington merupakan benteng kota di dalam tambang terbengkalai seluas 240 hektare. Kota ini baru saja diklasifikasi pada akhir tahun 2004. Sebelumnya tempat ini dibuat untuk merelokasi 4.000 staf pemerintah jika terjadi perang nuklir atau invasi. Di dalam, ada ruang yang dibangun khusus untuk menampung staf pemerintah, ruang untuk toko roti, rumah sakit, dan studio penyiaran BBC.

infografis

 

Chernobyl-2, Ukraina

Chernobyl-2 dulunya adalah kota di Ukraina yang dibangun untuk menampung stasiun radar dan pangkalan militer rahasia. Akomodasi diatur untuk 1.000 perwira, pekerja, dan keluarga mereka pada tahun 1970-an. Sebuah rumah sakit, sekolah, taman kanak-kanak, hotel, toko, dan stasiun pemadam kebakaran ada di sana. Pangkalan itu terletak 10 kilometer selatan Chernobyl, di mana kecelakaan nuklir terjadi pada tahun 1986, menyebabkan evakuasi 350.000 orang di daerah sekitarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kota Derinkuyu, Turki

Kota bawah tanah di Turki terletak di delapan belas lantai di bawah wilayah Cappadocia. Kota kuno ini tersembunyi selama berabad-abad dan ditemukan kembali pada 1963. Kota ini ditemukan oleh seorang pria yang merobohkan dinding di ruang bawah tanahnya. Dari kejadian itu, penggalian dilanjutkan dan menemukan jaringan terowongan yang di dalamnya terdapat gereja-gereja kuno, tempat tinggal, dan sekolah. Kota ini dapat menampung sekitar 20.000 orang dan ternak dari perang atau bencana alam.

Lothal, Gujarat

Salah satu kota yang terletak di India ini merupakan peradaban Lembah Indus. Kota yang tersembunyi dan hilang ini kembali ditemukan pada tahun 1954 oleh Archaeological Survey of India (ASI). Kota ini memiliki dermaga dan beberapa monumen kuno yang dilindungi dan dilestarikan hingga saat ini.

Wunsdorf

Wundorf merupakan salah satu kota yang pernah digunakan basis Nazi. Kota ini dapat memuat 60.000-75.000 orang yang mayoritas tentara pada saat itu. Di kota ini terdapat akses kereta api ke Moskow untuk memperkuat kekuatan militer pada saat Perang Dingin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini