Share

Ini Dia Sumber Air untuk Ibu Kota Baru Nusantara

Iqbal Dwi Purnama , Okezone · Kamis 23 Juni 2022 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 470 2616521 ini-dia-sumber-air-untuk-ibu-kota-baru-nusantara-KdooSq68KN.jpg Bendungan Sepaku Semoi Siap Airi Ibu Kota Nusantara. (Foto: Okezone.com/IKN)
A A A

JAKARTA - Bendungan Sepaku Semoi siap dioptimalkan untuk menyediakan air baku di kawasan IKN Nusantara sebanyak 2.000/detik dan Kota Balikpapan sebesar 500/detik.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran bendungan ini nantinya bakal menjadi infrastruktur pengendali banjir di IKN Nusantara. Paling tidak mampu mereduksi banjir sebesar 55%.

Baca Juga: Ke Jepang, Menhub Bawa Oleh-Oleh Transportasi Listrik untuk IKN Nusantara

"Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030. Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu," kata Menteri Basuki pada keterangan tertulisnya, Kamis (23/6/2022).

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko menyebutkan saat ini proses konstruksi sudah mencapai 56,72%. Targetnya bendungan tersebut bakal selesai dikerjakan pada tahun 2023.

Baca Juga: Ibu Kota Negara Jadi Pindah atau Tidak? Jokowi: Undang-undangnya Sudah Ada!

"Sesuai kontrak bendungan selesai pada Desember 2023, tetapi arahan Bapak Menteri PUPR dipercepat lebih awal untuk segera mendukung sumber air baku kawasan IKN. Kami siapkan air bakunya kurang lebih untuk1,5 juta penduduk," kata Jarot Widyoko.

Bendungan Sepaku Semoi dibangun dengan skema kontrak tahun jamak hingga tahun 2023 senilai Rp556 miliar dengan kontraktor pelaksana PT. Brantas Abipraya- PT Sacna- dan PT. BRP (KSO). Bendungan ini didesain dengan tipe urugan tanah homogen dengan luas genangan 280 hektare dan kapasitas tampung 10,6 juta m3.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain bendungan, untuk mendukung penyediaan air baku kawasan IKN Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3000 liter/detik. Intake Sungai Sepaku berkonsep Bendung Obermeyer dengan panjang 117,8 meter dengan progres konstruksi sudah 12,34% dan ditargetkan selesai 2023.

Selain itu juga tengah disiapkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendungan Sepaku Semoi dengan potensi untuk memenuhi kebutuhan air baku sebesar 5.000 liter/detik dan telah dilaksanakan studi kelayakan pada 2020. IPA ini didesain untuk menghasilkan air dengan kualitas siap minum yang nantinya akan disupport oleh Pemerintah Korea Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini