Share

Bangun IKN, Jokowi: Konsepnya Nanti Kota di Dalam Hutan

Iqbal Dwi Purnama , Okezone · Kamis 23 Juni 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 470 2616622 bangun-ikn-jokowi-konsepnya-nanti-kota-di-dalam-hutan-bqcMbSj6t3.jpg IKN Nusantara akan menerapkan konsep kota di dalam hutan (Foto: Instagram)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berkunjung ke proyek pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Pada kunjungan tersebut Presiden Jokowi juga meninjau pusat persemaian Mentawir yang nantinya bakal menjadi pusat pembibitan tanaman untuk mereboisasi hutan Kalimantan.

Presiden Jokowi mengatakan Pusat Persemaian Modern Mentawir dapat menghasilkan sekitar 12 juta bibit pohon per tahun yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk penghijauan kawasan IKN Nusantara.

IKN

"Jadi konsepnya nanti kan kota di dalam hutan," kata Presiden Jokowi pada keterangan tertulisnya, Rabu (22/6/2022).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR akan memberikan dukungan prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon dengan skala besar seperti yang telah dilakukan Kementerian PUPR di Pusat Persemaian Modern Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

IKN

Pemanfaatan air baku bagi bibit-bibit tanaman pada Pusat Persemaian Modern Mentawir nantinya bersumber dari embung yang telah dibangun kapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 6,3 hektare. Embung direncanakan akan dibangun kedalaman efektif 2,5 meter sehingga volume tampungan embung dapat dimanfaatkan kapasitas pengambilan 60 liter/detik.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Embung tersebut digunakan sebagai penyediaan air baku yang akan memanfaatkan Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian dan memiliki kurang lebih lebar 5 m x 0,3 m dengan debit 225 liter/detik.

Persemaian Mentawir terletak di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur dengan luas kurang lebih 9 hektare dan kapasitas produksi bibit 15 juta/tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini