Share
Advertisement

Fenomena Planet Sejajar 24 Juni, Ini Syarat Melihatnya!

Dyah Ratna Meta Novia , Jurnalis-Kamis 23 Juni 2022 18:14 WIB
Fenomena planet sejajar (Foto: Time for kid)
Fenomena planet sejajar (Foto: Time for kid)
A
A
A

FENOMENA planet sejajar pada 24 Juni 2022 yang akan datang termasuk kejadian langka. Nah, kelima planet yang sejajar pada 24 Juni mendatang antara lain Merkurius, Venus, Jupiter, Mars dan Saturnus.

"Kesempatan langka untuk melihat hal yang dapat disaksikan dari rumah dengan mata telanjang demi kelima planet di Tata Surya kita yang bisa dilihat sekaligus," kata peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller.

planet

Peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran menjelaskan, fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.

"Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat," ujar Andi.

Dia menyampaikan, fenomena langka lima planet sejajar ini bisa dilihat secara langsung selama cuaca cukup cerah.

"Cuaca cerah yakni bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang bebas dari penghalang," tambah Andi.

Sedangkan, bagi wilayah yang polusi cahayanya nyaris tidak ada (kondisi langit benar-benar bersih), Uranus dapat disaksikan tanpa menggunakan teleskop.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement