Share
Advertisement

20 Rumus Excel Beserta Fungsinya yang Wajib Diketahui

Asthesia Dhea Cantika , Jurnalis-Kamis 23 Juni 2022 18:10 WIB
20 rumus Excel beserta fungsinya yang wajib diketahui (Foto: EKRUT)
20 rumus Excel beserta fungsinya yang wajib diketahui (Foto: EKRUT)
A
A
A

JAKARTA - 20 rumus Excel beserta fungsinya berikut wajib diketahui oleh pemula. Microsoft Excel termasuk salah satu piranti lunak yang ada di komputer maupun laptop yang digunakan untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik atau angka.

Umumnya, Microsoft Excel dalam menjalankan tugasnya memanfaatkan rumus yang ada. Terdapat banyak rumus Excel yang bisa dimanfaatkan dalam setiap pengolahan. Mulai dari penjumlahan hingga perhitungan data dalam jumlah besar.

Hanya saja, tidak semua pengguna memahami rumus-rumus dari Microsoft Excel. Lantas, apa saja rumus Excel beserta fungsinya yang wajib diketahui bagi pengguna Excel? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut ini.

1. SUM

SUM adalah rumus Excel paling dasar yang memungkinkan kamu untuk menemukan jumlah atau total dari suatu nilai atau tabel yang ingin dihitung. bentuk rumus formatnya =SUM (nilai 1, nilai 2).

2. Pengurangan

Rumus pengurangan juga termasuk rumus paling dasar. Rumus ini memiliki format =SUM (A1,-B1). Format ini terlihat hanya perlu menambahkan simbol pengurangan (-) dari sel yang ingin dikurangi nilainya.

3. Perkalian

Rumus perkalian dalam Excel sangat mudah. Cukup dengan memasukkan rumus tanda sama dengan (=) diikuti dengan sel yang ingin dikalikan kemudian menyisipkan tanda bintang (*) di depan sel lainnya lalu enter. Sederhananya berikut format fungsinya =A1*B1.

4. Pembagian

Pembagian dalam Microsoft Excel juga termasuk rumus dasar. Fungsinya untuk membagi hasil nilai sel satu dengan nilai sel yang lain. Pembagian dalam Excel diformat dengan menyisipkan tanda garis miring (/) di depan sel yang ingin dibagi, yakni =A1/B1.

5. AVERAGE

Rata-rata juga termasuk rumus dasar Excel. Rumus ini ada untuk membantu dalam pengolahan data rata-rata dengan memasukkan nilai sel, atau rentang sel yang akan dihitung rata-ratanya. Formatnya adalah =AVERAGE (A1,B1, C1, D1, dan seterusnya) atau =AVERAGE (nilai sel awal : nilai sel terakhir).

6. SUMIF

Format rumus SUMIF ini digunakan bila ingin mengetahui nilai sesuatu berdasarkan identifikasi dari beberapa kriteria. Format rumusnya =SUMIF (range, criteria [sum range]).

Range adalah rentang yang sedang ingin diuji menggunakan kriteria. Sementara kriteria adalah sel yang digunakan untuk memfilter nilai itu sendiri, sedangkan sum range adalah sebuah kisaran opsional yang boleh ada atau tidak.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement