Share

Tetap Sehat saat Terbang, Coba Terapkan Tips Stocking Pressure Deh

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 23 Juni 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 612 2616848 tetap-sehat-saat-terbang-coba-terapkan-tips-stocking-ppressure-deh-09VC77w5Vu.jpg Ilustrasi Penerbangan. (Foto: Shutterstock)
A A A

BEPERGIAN jarak jauh memang menjadi rutinitas melelahkan yang tidak sayangnya tidak bisa kita lewatkan. Ketika melakukan bepergian jarak jauh, salah satu moda transportasi yang sering digunakan adalah pesawat terbang.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa dialami ketika seseorang dalam perjalanan udara, di antaranya adalah dehidrasi, gangguan pernapasan, sinusitis, gangguan kardiovaskuler, deep vein thrombosis (DVT) akut dan lain-lain.

Hal yang perlu diwaspadai ialah beberapa gejala seperti bengkak di area tungkai. Kemudian adanya nyeri atau kram, serta kesemutan. DVT adalah kondisi terjadinya penggumpalan atau pembekuan darah di pembuluh darah vena, yang bisa saja menyebabkan kematian.

dr. Itah Sri Utami, Sp.KP dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan dan juga Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah mengungkapkan, ada beberapa cara agar jamaah haji dapat nyaman ketika menjalani penerbangan.

Pesawat terbang

Salah satu caranya adalah menggunakan stocking pressure. Stocking pressure atau juga disebut kaus kaki elastik tekan yang berfungsi dapat melancarkan aliran darah. Khususnya ketika tidak bergerak atau duduk selama penerbangan.

"Kalau kita naik pesawat dalam kondisi statis,kurang dalam pergerakan hanya duduk saja di kursi penumpang tanpa melakukan mobilisasi (berjalan atau melakukan peregangan dalam pesawat) dapat terjadi risiko penggumpalan darah ditungkai," kata dia.

"Tapi kalau gunakan stocking pressure, metabolisme aliran darah akan lebih lancar ke atas, tidak menumpuk di tungkai,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia menjelaskan, Deep Vein Thrombosis (DVT) adalah kondisi terjadinya penggumpalan atau pembekuan darah di pembuluh darah vena, biasanya muncul di area betis dan paha. Kondisi ini tidak dapat dianggap sepele karena dapat saja menyebabkan kematian. Kematian terjadi akibat emboli pada pembuluh darah yang menggumpal," jelasnya.

Oleh karenanya, di mengatakan selain stocking pressure, jemaah juga disarankan untuk melakukan mobilisasi seperti senam peregangan, tambahnya. Ditambah mempersiapkan tubuhnya untuk siap dan sehat berhaji.

Salah satu caranya adalah segera berkonsultasi dengan dokter segera setelah mendapatkan nomor porsi atau nomor antrian keberangkatan. “Sehingga jika memang ada komorbid, jemaah sudah terbiasa untuk minum obat secara rutin untuk mengurangi risiko penyakit yang diderita” kata dr Ita menambahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini