Share

Kisah Ibu Rumah Tangga Hafal 30 Juz Alquran dalam 78 Hari: Kuncinya Bersihkan Hati, Perbanyak Istighfar

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 621 2616592 kisah-ibu-rumah-tangga-hafal-30-juz-alquran-dalam-78-hari-kuncinya-bersihkan-hati-perbanyak-istighfar-TqaOZLXqVN.jpg Kisah ibu rumah tangga Suaibatul Aslamiah hafal 30 juz Alquran dalam 78 hari. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)
A A A

USIA tidak menghalangi Suaibatul Aslamiah untuk menghafal Alquran. Di usianya yang sudah menginjak kepala 4, ibu rumah tangga dua anak asal Jambi ini berhasil menghafal 30 juz Alquran dalam waktu 78 hari.

Suaibatul memang bercita-cita menjadi penghafal Alquran. Beruntungnya, sang suami mengizinkannya untuk mengikuti program karantina menghafal Alquran, begitu pula sang anak yang begitu tenang, tidak menangis ketika ditinggal pergi.

Baca juga: Zikir Pagi Hari Ini: Doa Meraih Ilmu yang Bermanfaat untuk Diri Sendiri dan Orang Lain 

Kisah ibu rumah tangga Suaibatul Aslamiah hafal 30 juz Alquran dalam 78 hari. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

Bukan lain tidak bukan, Suaibatul termotivasi menghafal Alquran demi bekal akhiratnya kelak. Selain itu, ia juga ingin menunjukkan kepada anak-anaknya bahwa menjadi penghafal Alquran tidak memandang usia, siapa pun pasti bisa.

"Ayo nak kita jadi penghafal Alquran. Kita buat keluarga kita menjadi penghafal Alquran, penghafal hadis nanti, yang penting doa kepada Allah untuk bisa kita menjadi lebih baik lagi," ucapnya, dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Simak Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 23 Juni 2022M/23 Dzulqa'dah 1443H 

Suaibatul sendiri sebelumnya sudah hafal 1 juz Alquran. Kemudian ambisinya untuk menghafal 30 juz Alquran tiba-tiba kembali muncul. Atas izin dan tuntunan Allah Subhanahu wa ta'ala, Suaibatul pun dipertemukan dengan program menghafal Alquran dari Ustadz Adi Hidayat (UAH).

"Allah itu selalu mengejutkan, doa kita minta ini belum dikasih, mungkin itu tidak terbaik untuk kita. Enggak pernah sedikit pun terbayang ada di sini," kata Suaibatul.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia mengakui sempat mengalami kendala saat menghafal Alquran. Dirinya bahkan sampai menangis karena kesulitan mengingat ayat-ayat suci Alquran.

Namun, Suaibatul tidak menyerah dan terus berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar dimudahkan dalam niat baiknya. Hingga akhirnya atas izin Allah Ta'ala, ia pun berhasil menghafal 30 juz Alquran.

"Ternyata bukan suratnya yang susah, lisan kita yang susah," ujar Suaibatul.

Baca juga: Bikin Bingung! Abu Nawas Dapat 3 Pertanyaan Sama tapi Kasih Jawabannya Beda, Gimana Bisa? 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Ia pun memberi beberapa tips dalam menghafal Alquran, yakni berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Selain itu, bersihkan hati dengan memperbanyak istighfar. Pasalnya, penyakit hati menjadi biang dari sulitnya mengingat ayat-ayat Alquran.

Langkah selanjutnya adalah berserah diri dan meluruskan niat menghafal Alquran hanya untuk Allah Subhanahu wa ta'ala. Dengan begitu, kata Suaibatul, insya Allah dimudahkan segalanya.

"Hadiahnya surga ya ini cobaannya, enggak mudah, percaya sama Allah," ucapnya.

Baca juga: Kisah Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Wanita Cantik si Ratu Bilqis 

Sebagai penutup, Suaibatul mengimbau bagi kaum Muslimin yang ingin menghafal Alquran untuk terus berdoa dan berusaha. "Sabar, harus kuat. Godaan, cobaan terus ada. Yang penting doa," tandasnya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini