Share

5 Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal Dunia, Memohon Ampunan hingga Tempat Mulia di Akhirat

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 618 2617536 5-doa-untuk-ibu-yang-sudah-meninggal-dunia-memohon-ampunan-hingga-tempat-mulia-di-akhirat-wgMn2wDVh2.jpg Ilustrasi doa untuk ibu yang sudah meninggal dunia. (Foto: Istimewa)
A A A

DOA untuk ibu yang sudah meninggal dunia sangat penting diketahui kaum Muslimin. Jangan sampai berhenti mendoakan orangtua yang sudah wafat. Memanjatkan doa untuk ibu atau bapak yang sudah meninggal dunia merupakan salah satu amal salih yang sangat dianjurkan.

Dihimpun dari laman Rumaysho, doa untuk ibu yang sudah meninggal dunia seperti dijelaskan dalam riwayat dari Abu Usaid Malik bin Rabi'ah As-Sa'idi. Ia berkata:

بَيْنَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا جَاءَهُ رَجُلٌ مِنْ بَنِى سَلِمَةَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلْ بَقِىَ مِنْ بِرِّ أَبَوَىَّ شَىْءٌ أَبَرُّهُمَا بِهِ بَعْدَ مَوْتِهِمَا قَالَ « نَعَمِ الصَّلاَةُ عَلَيْهِمَا وَالاِسْتِغْفَارُ لَهُمَا وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا مِنْ بَعْدِهِمَا وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِى لاَ تُوصَلُ إِلاَّ بِهِمَا وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا ».

"Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, 'Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orangtuaku ketika mereka telah meninggal dunia?' Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, 'Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya, pen). (Bentuknya adalah) mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orangtua yang tidak pernah terjalin, dan memuliakan teman dekat keduanya'."

(HR Abu Dawud nomor 5142 dan Ibnu Majah 3664. Hadis ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban, Al Hakim, juga disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan sanad hadis ini hasan)

Langsung saja, berikut ini lima doa untuk ibu yang sudah meninggal dunia, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Sejarah Jumat, Satu-satunya Hari yang Diabadikan dalam Alquran 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Doa Pertama

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، اللَّهُمَّ أْجُرْنِيْ فِيْ مُصِيْبَتِيْ، وَأَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma'jurnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

"Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, berilah pahala kepada atas musibahku ini dan gantilah untukku yang lebih baik darinya."

Doa Kedua

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir li, wa li wālidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

"Ya Allah, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orangtuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu kecil."

Baca juga: Sunah-Sunah di Hari Jumat, Nomor 8 Belum Banyak diketahui: Larangan saat Menyimak Khotbah! 

Doa Ketiga

اللهوماغفر لاو ورهامهو وأفيهي أفعو أنهو وأكرم نوزلاه وواسي مادخاله ، واغسلهو بيل ما أنا واتس-تسالجي والبارودي ونققيهي منال خاطى يا كاما يوناقاتس-تسوبول وأبيادهو. وعبدالله داران خيران من دارهي وأهلان خيران من اكسبرثي وزوجان خيران من زوجحي ، وأدخلو جناتة وإدزهو من أدزابيل قبري وفتنتيحي ومن أدزابين نار

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi aa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

"Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orangtuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orangtuaku dengan air yang jernih dan sejuk dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran. Gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya dan siksa api neraka."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa Keempat

العين تدمع والقلب يحزن، ولا نقول إلا ما يرضي ربنا

Al-‘ainu tadmaghu wal qalbu yahzanu, walaa naqulu illa maa yardha rabbuna

"Mata boleh jadi menangis dan hati bersedih, (akan tetapi) kami tidaklah berkata-kata kecuali apa yang diridhai Rabb kami."

Doa Kelima

أحسن الله عزاك، وجبر مصابك، وغفر لميتك ورحمه وخلفه في عقبه بخير

Ahsanallahu azaaka wa jabara mushabaka wa ghafara limayyitika wa rahimahu wa khalafahu fii aqibihi bikhair

"Semoga Allah memberimu pelipur lara yang baik, memberi kebaikan atas musibahmu, mengampuni si mayyit, melimpahkan rahmat dan menggantikannya dengan yang lebih baik."

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini