Share

Inspiratif! Ibu Ini Mendidik 11 Anaknya Jadi Penghafal Alquran, Bagikan 5 Tips Jitunya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 621 2619461 inspiratif-ibu-ini-mendidik-11-anaknya-jadi-penghafal-alquran-bagikan-5-tips-jitunya-aAnhVb7ink.jpg Kisah Ibu Wirianingsih mendidik 11 anaknya menjadi penghafal Alquran. (Foto: YouTube Cinta Quran TV)
A A A

SETIAP orangtua Muslim pasti menginginkan anak-anaknya bisa membaca dan menghafal Alquran. Namun bukan perkara mudah untuk menghafal Alquran, terkadang orangtua harus memiliki tips dan trik sendiri yang efektif untuk anak agar cepat bisa serta tidak mudah lupa.

Mengajarkan cara menghafal Alquran pada anak bisa dilakukan sejak dini, terutama ketika mereka masih balita berusia di bawah usia 2 tahun.

Baca juga: Cerita Haru Ahmad Bocah Penghafal Quran: Mau Memakaikan Mahkota untuk Orangtua di Surga 

Sebagaimana dilansir kanal YouTube Cinta Quran TV, seorang ibu bernama Wirianingsih berhasil mendidik 11 putra dan putrinya menjadi hafiz atau penghafal Alquran.

Ia pun membagikan beberapa tips agar anak bisa hafal Alquran. Berikut ini tips yang dibagikan Wirianingsih saat mendidik anak-anaknya supaya bisa hafal Alquran. Simak selengkapnya.

1. Menyandarkan diri kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala

Tips pertama yaitu yakin kepada Allah Subhanahu wa ta'ala bahwa Anda dan sang buah hati bisa menjadi penghafal Alquran.

"Karena anak itu titipan jadi minta tolong sama Allah. Kok saya tiap tahun melahirkan, jadi orang kalau lihat saya itu gendong di dalam kalau gak gendong di luar. Alhamdulillah anak-anak sudah selesai 30 juz dan secara umum Allah beri karunia berprestasi," kata Wirianingsih.

2. Bekerja sama dengan suami

Bekerja sama dengan suami dinilai penting, karena dalam mendidik seorang anak harus dibutuhkan juga bantuan dari seorang suami.

"Ini penting, karena pemimpin dalam rumah tangga itu adalah bapak. Istri pada dasar mengikuti visi bapak dan alhamdulillah klop Allah kasih. Dia sibuk dakwah tahu-tahu lihat sampai rumah anak-anak tuh udah pada pinter ngaji udah bisa baca quran hapalannya nambah," jelas Wirianingsih.

Baca juga: Kisah Ibu Rumah Tangga Hafal 30 Juz Alquran dalam 78 Hari: Kuncinya Bersihkan Hati, Perbanyak Istighfar 

3. Membuat kurikulum

Langkah selanjutnya, buatlah kurikulum atau target-target yang harus dicapai oleh sang anak.

"Ada target-target yang harus dicapai misalnya anak kita umur 6 tahun harus sudah selesai membaca Alquran dengan bacaan dan tajwid yang benar," tutur Wirianingsih.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Punya visi mengajarkan anak sendiri

Sebagai orangtua, Wirianingsih mengatakan jika dirinya memiliki visi untuk mengajarkan anak-anaknya baca dan mengajarkan Alquran.

"Jangan sampai anak-anak bisa baca Alquran di tangan orang lain. Jadi saya punya cita-cita baca tulis hitung dan baca quran di tangan ibunya sendiri jadi saya buat itu dari anak pertama sampai anak 11," jelasnya.

Baca juga: Kisah Rashad, Bocah Gaza Palestina yang Jadi Hafiz Quran sejak Usia 7 Tahun 

5. Istikamah

Setelah semua dilakukan, hal yang tak kalah penting adalah istiqomah dan konsisten membaca dan menghafal Alquran.

Itulah beberapa tips yang dibagikan Wirianingsih untuk mendidik ke-11 anaknya menjadi penghafal Alquran. Semoga bisa menjadi inspirasi.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini