Share

Cerita Abu Nawas Kasih Solusi untuk Tahanan Seumur Hidup: Sehari Dipenjara Sehari Dibebaskan

Hantoro, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 614 2620077 cerita-abu-nawas-kasih-solusi-untuk-tahanan-seumur-hidup-sehari-dipenjara-sehari-dibebaskan-CwXbxMjpZp.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas kasih solusi potongan masa hukuman untuk tahanan seumur hidup. (Foto: Istimewa/Sindonews)
A A A

CERITA lucu kali Abu Nawas ini diawali ketika sang sahabat bernama Daras bercerita seminggu lalu Baginda Raja memberi potongan hukuman bagi para tahanan. Semua tahanan mendapat potongan setengah dari masa hukuman yang harus dijalani.

Bagi para tahanan yang dihukum 10 tahun tinggal menjalani hukuman 5 tahun. Bila seorang tahanan dihukum 20 tahun, jadi 10 tahun saja.

"Terus masalahnya apa?" tanya Abu Nawas kepada Daras sambil melahap makanannya, seperti dikutip dari nu.or.id.

"Masalahnya begini, karena ada tahanan yang dihukum seumur hidup (sampai sang tahanan tersebut meninggal), artinya kan harus ditentukan berapa lama sisanya ia akan dihukum?

"Padahal, tidak ada yang tahu kapan seseorang itu meninggal. Tidak ada yang tahu berapa lama umur seseorang itu," jelas Daras.

"Oh begitu? Berat juga masalahnya kalau begitu. Tapi, beri saya waktu 10 menit saja, saya habiskan dulu makanan saya," ucap Abu Nawas.

Sambil makan, tampak Abu Nawas berpikir serius. Setelah habis makanannya, wajah Abu Nawas terlihat ceria, pertanda punya pemecahan masalah tersebut.

"Menurut saya begini saja, masalah ini bisa diselesaikan dengan konsep persamaan," kata Abu Nawas enteng.

"Oh ya, bagaimana?" tanya Daras yang sesungguhnya ahli matematika itu. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Karena persamaan itu menurutmu berarti seimbang, atau keseimbangan, masalah pemotongan masa hukuman tersebut ya mudah saja diselesaikan,” ucap Abu Nawas.

"Caranya?" ujar Daras yang terus bertanya penasaran.

BACA JUGA: Bikin Bingung! Abu Nawas Dapat 3 Pertanyaan Sama tapi Kasih Jawabannya Beda, Gimana Bisa?  

"Begini caranya, supaya orang yang dihukum seumur hidup itu dapat potongan hukuman setengah masa hidupnya, cara menghukumnya begini saja, sehari ia dipenjara, sehari ia dibebaskan. Begitu seterusnya hingga ia meninggal. Seimbang bukan, seperti persamaan," pungkas Abu Nawas.

Allahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini