Share

3 Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya Bahasa Indonesia

Cita Zenitha, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 618 2620083 3-doa-menyembelih-hewan-kurban-lengkap-teks-arab-latin-artinya-bahasa-indonesia-G7sztXbikX.jpg Ilustrasi doa menyembelih hewan kurban. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)
A A A

DOA menyembelih hewan kurban sangat dianjurkan dibaca sebelum melaksanakan ibadah di hari raya Idul Adha tersebut. Penyembelihan hewan kurban sendiri dilaksanakan setelah sholat Idul Adha.

Idul Adha merupakan hari raya yang dinantikan semua umat Islam. Saat perayaan ini seluruh Muslim di dunia melakukan penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka itu saat menyembelih hewan kurban harus membaca doa terlebih dahulu.

Baca juga: 5 Amalan di Bulan Dzulhijjah, Mulai Puasa hingga Berkurban 

Ibadah kurban jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, bertepatan dengan pelaksanaan haji di Tanah Suci. Hukum kurban sunnah muakkad atau sangat dianjurkan bagi mereka yang mampu dan memiliki kelebihan harta.

Arti dari sunnah muakkad sendiri telah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam jelaskan dalam sabdanya, yaitu: "Barang siapa yang memiliki kelapangan (harta), sedangkan ia tak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat sholat kami." (HR Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim)

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

Dalam berkurban tentu memiliki tata cara tersendiri, mulai doa hingga tata cara menyembelihnya. Adapun doa menyembelih hewan kurban adalah sebagai berikut:

Baca juga: Bisakah Menggabungkan Akikah dengan Kurban? Ini Hukumnya Menurut Syariat 

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya: "Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku."

Selain doa menyembelih hewan kurban tersebut ada sejumlah doa yang dianjurkan. Sebelum menggoreskan pisau tajam terlebih dahulu diharuskan membaca Bismillâhir rahmânir rahîm. Kemudian kita lanjutkan dengan membaca salawat Nabi dan membaca takbir sebanyak tiga kali.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berikut ini bacaan doa menyembelih hewan kurban lengkap dengan artinya:

1. Membaca Basmallah terlebih dahulu

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang."

2. Membaca salawat Nabi

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Artinya: "Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan keluarganya."

3. Membaca takbir sebanyak tiga kali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu."

Demikian penjelasan mengenai doa menyembelih hewan kurban lengkap dengan artinya. Semoga niat dan amal ibadah kaum Muslimin saat berkurban diterima Allah Subhanahu wa ta'ala. Aamiin Allahumma aamiin.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini