Share

Terungkap! Ini Keutamaan Perbanyak Takbir, Tahmid, dan Tahlil di Bulan Dzulhijjah

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 330 2622508 terungkap-ini-keutamaan-perbanyak-takbir-tahmid-dan-tahlil-di-bulan-dzulhijjah-McGnxIbzvn.jpg Ilustrasi memperbanyak takbir, tahmid, dan tahlil di awal bulan Dzulhijjah. (Foto: Shutterstock)
A A A

DI awal bulan Dzulhijjah kaum Muslimin disunahkan memperbanyak membaca takbir, tahmid, dan tahlil. Jadi di bulan Dzulhijjah tidak hanya ibadah haji dan umrah, Idul Adha, atau puasa Arafah. Perintah memperbanyak takbir, tahmid, dan tahlil sebagaimana dijelaskan dalam Alquran Surat Al Hajj Ayat 28.

Dikutip dari Muhammadiyah.or.id, "Al-ayyam al-ma'lumat" dalam Surat Al Hajj Ayat 28 adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, "Al-ayyam al-ma'lumat adalah hari-hari yang sepuluh." Karena itu, para ulama menganjurkan umat Islam memperbanyak zikir pada hari-hari tersebut.

Baca juga: 5 Tradisi Unik Bulan Dzulhijjah di Dunia, Ada Bazar Bumbu Masakan Hewan Kurban 

Baca juga: Apakah Puasa Dzulhijjah Harus Dikerjakan Penuh Mulai Tanggal 1 Sampai 9? 

Dalam Hadis Maukuf di mana Ibnu Umar dan Abu Hurairah bepergian ke pasar pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah seraya mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil. Kemudian orang-orang yang menyaksikannya mengikuti takbir Ibnu Umar dan Abu Hurairah. Kebiasaan para sahabat ini merupakan salah satu bukti dianjurkannya amalan ini.

Artinya, secara ayat maupun beberapa hadis yang terkait, ternyata tuntunan untuk takbir, tahmid, dan tahlil itu tidak hanya hari tasyriq tapi juga bisa di awal terutama sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain memperbanyak takbir, tahmid, dan tahlil, pada bulan Zulhijjah juga sangat dianjurkan lebih memperbanyak amal salih dan meninggalkan kemaksiatan.

Memperbanyak amal salih seperti sedekah, infak, dan lain sebagainya, serta meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk merupakan anjuran yang mestinya dilaksanakan pada sepeluh hari pertama bulan Dzulhijjah.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: 10 Penyebab Dzulhijjah Jadi Bulan Mulia, Pahala Semua Amalan Dilipatgandakan 

Baca juga: 5 Fakta Penetapan 1 Dzulhijjah Sekaligus Idul Adha 1443H, Pemerintah dan Muhammadiyah Berbeda 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini