Share

Rudal Hantam Kota Rusia yang Berbatasan dengan Ukraina, Tewaskan Setidaknya 3 Orang

Rahman Asmardika , Okezone · Minggu 03 Juli 2022 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 18 2622763 rudal-hantam-kota-rusia-yang-berbatasan-dengan-ukraina-tewaskan-setidaknya-3-orang-JYc4ggWboE.jpg Seorang wanita berjalan melewati bangunan yang rusak di Kota Severodonetsk, timur Ukraina, 1 Juli 2022. (Foto: Reuters)
A A A

KIEV – Setidaknya tiga orang tewas dan puluhan rumah rusak akibat ledakan di Kota Belgorod, Rusia dekat perbatasan Ukraina, kata gubernur regional pada Minggu (3/7/2022), sementara pasukan Ukraina menyerang pangkalan militer Rusia di Ukraina selatan yang diduduki.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov melaporkan beberapa ledakan di kota berpenduduk hampir 400.000 jiwa, sekira 40 km utara perbatasan dengan Ukraina.

BACA JUGA: Serangan Rudal Rusia Tewaskan 18 Orang di Wilayah Odesa, Ukraina

Setidaknya 11 gedung apartemen dan 39 rumah rusak, termasuk lima yang hancur, kata Gladkov di aplikasi pesan Telegram.

"Suaranya sangat kuat sehingga saya melompat, saya bangun, menjadi sangat takut dan mulai berteriak," kata seorang penduduk kota kepada Reuters, menambahkan ledakan terjadi sekira pukul 3 pagi.

"Rudal itu menghantam bangunan tempat tinggal sekira 20 meter dari rumah saya," kata warga tersebut. "Semua jendela di rumah kami pecah, pintunya tidak sejajar."

Anggota parlemen senior Rusia Andrei Klishas menuduh Ukraina menembaki Belgorod dan menyerukan tanggapan tegas.

"Kematian warga sipil dan penghancuran infrastruktur sipil di Belgorod adalah tindakan langsung agresi dari pihak Ukraina dan membutuhkan tanggapan yang paling parah - termasuk militer -," tulis Klishas di Telegram.

Moskow menuduh Kiev melakukan sejumlah serangan di Belgorod dan wilayah lain yang berbatasan dengan Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari. Ukraina belum mengaku bertanggung jawab tetapi menggambarkan insiden itu sebagai balasan dan "karma" atas tindakan Rusia.

BACA JUGA: Pasukan Rusia Tinggalkan Pos Strategis Pulau Ular

Tidak ada komentar langsung dari Ukraina dan Reuters tidak dapat memverifikasi akun Rusia secara independen.

Di Kota Melitopol, Ukraina selatan yang diduduki Rusia, pasukan Ukraina menyerang sebuah pangkalan militer dengan lebih dari 30 serangan pada Minggu, kata walikota kota yang diasingkan itu dalam sebuah pidato video di Telegram.

Pangkalan itu "dibuat tidak berfungsi", kata Ivan Fedorov.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seorang pejabat yang ditempatkan di Moskow mengatakan beberapa rumah pribadi di dekat lapangan terbang rusak.

“Tembakan jatuh di wilayah lapangan terbang. Tidak ada korban,” Evgeny Balitsky, kepala dewan yang didirikan Rusia di wilayah Zaporizhzhia selatan, menulis di Telegram.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan angkatan udaranya telah menerbangkan sekira 15 serangan mendadak "ke hampir semua arah permusuhan".

“Sekira 20 unit peralatan musuh dan dua depot amunisi hancur.”

Reuters tidak dapat segera memverifikasi akun tersebut.

Ribuan warga sipil telah tewas dan kota-kota diratakan sejak Rusia menginvasi Ukraina yang menurut sekutu Baratnya adalah perang agresi yang tidak beralasan. Rusia membantah menargetkan warga sipil dalam apa yang oleh Presiden Vladimir Putin disebut sebagai "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" tetangganya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini