Share

Masjid Liberal di Jerman Kibarkan Bendera LGBT

Tim Okezone , Okezone · Minggu 03 Juli 2022 21:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 18 2622882 masjid-liberal-di-jerman-kibarkan-bendera-lgbt-sD6OR1Hotd.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)
A A A

BERLIN - Masjid Ibn Rusyd-Goethe di Berlin menjadi masjid pertama di Jerman yang mengibarkan bendera pelangi, simbol kebanggaan dan keragaman komunitas lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer (LGBTQ).

Rumah ibadah yang terletak di lingkungan Moabit pusat ibu kota Jerman itu membentangkan benderanya di depan sekelompok kecil orang, termasuk Senator Kebudayaan Berlin Klaus Lederer.

Para peserta mengenakan stiker bertuliskan "Cinta itu Halal" dengan serangkaian acara LGBTQ yang dijadwalkan berlangsung di kota itu pada Juli.

Mo el-Ketab, salah satu dari enam imam masjid, mengatakan ruang itu dimaksudkan untuk menjadi tempat aman bagi orang-orang yang berbeda, sehingga mereka juga dapat mengalami sisi spiritual kehidupan mereka.

Baca juga: Deretan Tokoh Dukung LGBT, Ada Barrack Obama

“Saya berharap banyak masjid lain juga akan mengibarkan bendera dengan cara ini atau memberikan tanda-tanda positif lainnya bagi komunitas LGBT,” ujarnya dikutip dari DW, Minggu (3/6/2022).

Bendera pelangi itu akan tetap ada hingga akhir Juli, dilansir dari situs LGBTQ Queer.de.

Baca juga: Pengadilan Osaka: Larangan Pernikahan LGBT Tak Melanggar Konstitusi

Sementara sebagian besar dunia merayakan bulan kebanggaan pada bulan Juni, Ibu Kota Jerman akan mengadakan dua acara besar LGBTQ pada Juli.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salah satunya adalah Festival Lesbian dan Gay pada 16 dan 17 Juli, sedangkan yang lainnya adalah Christopher Street Day (CSD) pada 23 Juli.

Menurut surat kabar yang berbasis di Berlin Der Tagesspiegel, penyelenggara telah merencanakan empat minggu acara yang dimulai dari peringatan protes Stonewall pada 28 Juni hingga Hari Christopher Street.

Anggota dewan CSD Marc-Eric Lehmann mengatakan bendera pelangi di Masjid Ibn Rushd-Goethe mengirimkan tanda yang sangat sangat penting untuk menemukan tempat bagi agama di komunitas LGBTQ.

"Orang queer juga bisa religius dan percaya pada Tuhan," katanya.

"Kita seharusnya tidak hanya berbicara tentang ruang aman di bar dan klub di Berlin, kita juga harus berbicara tentang ruang aman di tempat ibadah," imbuh dia.

Masjid Berlin adalah satu-satunya masjid liberal di Jerman di mana pria dan wanita diundang untuk berdoa bersama. Ini pertama kali didirikan hanya lima tahun yang lalu.

Baca juga: Acara Komunitas Diduga LGBT di Puncak Digagalkan Polisi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini