Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Momen Menparekraf Dicurhati Penari Soal Biaya Sewa Gamelan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 03 620 2622794 momen-menparekraf-dicurhati-penari-soal-biaya-sewa-gamelan-0kR25ekbNv.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)
A A A

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapat keluham dari seorang penari dalam Workshop Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Mulanya Sandiaga meminta Dzari menampilkan tarian golek yang diciptakannya sendiri. Kemudian Sandiaga terkejut karena Dzari tampil tanpa musik pengiring.

"Musiknya gak ada nih?," kata Sandiaga di The Purwohamijayan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Minggu (3/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan sebagai pengiring tarian ciptaannya.

"Mohon maaf pak, musiknya itu masih dalam proses pembuatan. Karena kita belum ada dana untuk membuat musiknya. Tapi gerakannya sudah ada, hanya tinggal untuk bikin musiknya belum," ungkap Dzari.

Mendengar itu, Sandiaga pun meresponnya untuk membantu Dzari merampungkan musik pengiring tarian golek tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

"Gak pake lama, gak pake ribet, diberikan bantuan supaya musiknya dari tari golek ini bisa segera terwujud," sambung Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga mengapresiasi upaya Dzari untuk melestarikan seni tari. Terlebih Dzari membuka sanggar yang diisi oleh anak-anak tanpa dipungut biaya.

"Jadi ini mudah-mudahan nanti berikutnya bisa memberikan kesempatan yang muda-muda. Karena ini katanya tidak dipungut biaya ya, di sanggar ini kita harapkan ke depan musiknya ini bisa kita ciptakan," terang Sandiaga.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini