Share

Sejarah Masjid Quba di Madinah, Dibangun Rasulullah hingga Awal Mulanya Sholat Berjamaah

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 615 2623061 sejarah-masjid-quba-di-madinah-dibangun-rasulullah-hingga-awal-mulanya-sholat-berjamaah-SnmqtWEzJq.jpg Masjid Quba di Kota Madinah, Arab Saudi. (Foto: Muhammad Nasril/Kemenag.go.id)
A A A

DI Kota Madinah, Arab Saudi, terdapat Masjid Quba yang memiliki sejarah sangat penting bagi umat Islam, termasuk dari Indonesia. Selain Masjid Quba, ada Masjid Qiblatain, Khandak, dan Jabal Uhud yang biasanya di tempat-tempat tersebut para jamaah haji atau umrah diperkenankan turun bus untuk mengabadikan momen.

Namun di antara tempat tersebut yang paling ramai dikunjungi jamaah haji atau umrah adalah Masjid Quba. Ini merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun 1 Hijriyah di Quba.

Baca juga: Kisah Kedatangan Nabi Muhammad di Madinah dan Berdirinya Masjid Quba 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Petugas Haji Indonesia asal Aceh di Sektor 3 Madinah Muhammad Nasril melaporkan bahwa Masjid Quba memiliki pesona keindahan serta nilai sejarah yang penting dalam tarikh Islam sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Masjid Quba menjadi titik awal sejarah kemasjidan dalam Islam. Ia berada di tepi Kota Madinah di kawasan perkampungan yang dinamai Quba, sekira 5 kilometer di arah selatan Masjid Nabawi.

Kalau dalam bahasa Aceh berarti saya bawa. Hal ini sesuai dengan sejarah di mana Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membangunnya setelah tiba dari perjalanan hijrah dari Kota Makkah.

Masjid Quba di Madinah. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

Dalam Alquran disebutkan bahwa Masjid Quba adalah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketakwaan Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At-Taubah [9]: 108)

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Senin 4 Juli 2022M/4 Dzulhijjah 1443H 

Di Kampung Quba, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam disambut meriah oleh penduduk Madinah dengan lantunan nasyid thala’al badru’alaina. Beliau singgah di Quba selama empat hari, dan beliau memerintahkan untuk membangun Masjid Quba, bahkan ikut terlibat dalam proses pembangunannya.

Setelah berada di Madinah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu menyempatkan diri mendatangi Masjid Quba untuk melakukan sholat dua rakaat. Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, dia berkata, "Dahulu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian melaksanakan salat dua rakaat."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hingga hari ini pesona keindahan Masjid Quba mampu memikat ribuan pengunjung setiap harinya. Selain memiliki nilai sejarah, bangunan ini juga mempunyai keistimewaan serta keutamaan yang bisa dijadikan amalan untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Bagi jamaah haji atau umrah asal Indonesia atau pengunjung lainnya yang berkesempatan ke sana, biasanya akan melaksanakan sholat dua rakaat dan menikmati keindahan bangunan yang penuh sejarah itu.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini: Membuka Pintu Rezeki Halal yang Melimpah 

Hal ini dikarenakan masjid ini memiliki keutamaan bagi orang yang sholat di dalamnya. Di antaranya sholat di dalamnya bernilai seperti pahala umrah. Hal ini sesuai sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Barang siapa yang keluar dari rumahnya kemudian mendatangi masjid ini, yakni Masjid Quba, kemudian sholat di dalamnya, maka pahalanya seperti ia menjalankan umrah." (Ibnu Majah)

Masjid ini juga menjadi awal sejarah sholat berjamaah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama para sahabat melakukan sholat berjamaah untuk pertama kalinya di Masjid Quba.

Kini tampilannya kian indah, terlebih lagi Masjid Quba dalam proses perluasan dan renovasi. Bisa dilihat langsung arsitektur Masjid Quba yang sangat indah. Walau sudah direnovasi beberapa kali, masih tetap mempertahankan ciri khas bernuansa tradisional.

Baca juga: 10 Pahala Orang yang Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Didoakan Malaikat Lho! 

Setiap hari Masjid Quba ramai dikunjungi pendatang dari berbagai penjuru dunia, baik di luar waktu sholat maupun saat waktu sholat. Di sana juga tersedia air zamzam seperti di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Di sekitar Masjid Quba juga terdapat maktabah (perpustakaan) dan sejumlah toko jual suvenir, bahkan harganya lebih terjangkau menurut pengalaman jamaah yang belanja oleh-oleh di sana. Fakta ini tentu amat disenangi oleh para jemaah.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini