Share

5 Amalan Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pahalanya Sangat Besar!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 330 2625847 5-amalan-menjelang-hari-raya-idul-adha-pahalanya-sangat-besar-2CLdf7gtbO.jpg Ilustrasi amalan-amalan menjelang hari raya Idul Adha. (Foto: Freepik)
A A A

KETAHUI 5 amalan menjelang hari raya Idul Adha yang memiliki keutamaan sangat besar. Diketahui sebentar lagi umat Islam dunia akan merayakan Idul Adha atau lebaran kurban.

Idul Adha merupakan salah satu hari raya yang sangat penting bagi kaum Muslimin karena di dalamnya ada penyembelihan hewan kurban. Maka itu, akan terasa sayang jika menjelang Idul Adha anda tidak melaksanakan amalan-amalan berpahala besar yang sangat dianjurkan.

Mengerjakannya tentu akan mendatangkan banyak berkah dan pahala. Nah, mari simak apa saja 5 amalan tersebut, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Simak! Ini Niat Puasa Arafah 2022 Beserta Keistimewaannya yang Sangat Besar 

1. Memperbanyak takbir dan zikir

Dikutip dari nu.or.id, salah satu amalan menjelang hari raya Idul Adha adalah mengumandangkan takbir dan zikir di masjid, mushola, atau rumah-rumah.

Kaum Muslimin dianjurkan mengagungkan, memuliakan, dan menghidupkan hari raya Idul Adha. Sebagaimana tertulis dalam kitab Raudlatut Thabirin:

فَيُسْتَحَبُّ التَّكْبِيرُ الْمُرْسَلُ بِغُرُوبِ الشَّمْسِ فِي الْعِيدَيْنِ جَمِيعًا، وَيُسْتَحَبُّ اسْتِحْبَابًا مُتَأَكَّدًا، إِحْيَاءُ لَيْلَتَيِ الْعِيدِ بِالْعِبَادَةِ

Artinya: "Disunahkan mengumandangkan takbir pada malam hari raya mulai terbenamnya matahari, dan sangat disunahkan juga menghidupkan malam hari raya tersebut dengan beribadah."

Info grafis amalan-amalan sunah di hari Arafah. (Foto: Okezone)

2. Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah

Tanggal 9 Dzulhijjah adalah hari Arafah yang merupakan puncak ibadah Haji. Hari tersebut juga bertepatan dengan kisah Nabi Ibrahim Alaihissallam yang mendapat wahyu dari Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail Alaihissallam.

Peristiwa ini menunjukan bahwa Nabi Ibrahim Alaihissallam adalah seorang hamba yang penuh kerelaan, keikhlasan, dan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Namun saat hendak menyembelih Nabi Ismail Alaihissallam, Allah Subhanahu wa ta'ala menggantinya dengan seekor kambing. Nabi Ismail pun tidak jadi disembelih.

Adapun keutamaan puasa Arafah yang tertulis dalam hadis Imam Muslim adalah sebagai berikut:

Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa Arafah, beliau menjawab, "Puasa Arafah menghapus dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang." (HR Muslim)

Baca juga: Cerita Haru Penyanyi Cantik Ukraina Dapat Hidayah Islam: Bermula Sakit Parah hingga Kehilangan Orang Tercinta 

3. Puasa sunah pada tanggal 1–7 Dzulhijjah

Di bulan Dzulhijjah ada banyak amalan yang bisa dilakukan. Salah satunya puasa pada tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah. Lantas, apa saja maknanya?

- 1 Dzulhijjah: Nabi Adam Alaihissallam mendapat ampunan Allah Subhanahu wa ta'ala setelah memakan buah yang berada di dalam surga.

- 2 Dzulhijjah: Momen Nabi Yunus Alaihissallam diselamatkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala setelah terjebak beberapa hari di dalam perut ikan paus.

- 3 Dzulhijjah: Allah mengabulkan doa Nabi Zakaria Alaihissallam dengan memberikan seorang anak bernama Yahya.

- 4 Dzulhijjah: Lahirnya Nabi Isa Alaihissallam.

- 5 Dzulhijjah: Lahirnya Nabi Musa Alaihissallam.

- 6 Dzulhijjah: Hari kemenangan para nabi dalam mengajarkan ketauhidan.

- 7 Dzulhijjah: Tertutupnya pintu neraka.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Momen ini bertepatan dengan kisah Nabi Ibrahim Alaihissallam yang bermimpi Allah Subhanahu wa ta'ala memperintahkannya untuk menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail Alaihissallam.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ali Al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas juga membahas mengenai puasa Tarwiyah:

"Barang siapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun."

Info grafis keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah. (Foto: Okezone)

5. Bertobat atau tidak melakukan maksiat

Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak tobat dan menyibukkan diri dengan amalan-amalan salih serta meninggalkan hal-hal zalim. Hal ini tertuang dalam Alquran Surat An-Nahl Ayat 119:

"Kemudian, sesungguhnya Tuhanmu (mengampuni) bagi orang-orang yang mengerjakan kesalahan karena kebodohannya, kemudian mereka bertobat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS An-Nahl: 119)

Itulah 5 amalan menjelang hari raya Idul Adha yang bisa dikerjakan kaum Muslimin. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini