Share

4 Adab Menyambut Idul Adha, Miliki Pahala Luar Biasa Besar!

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 330 2626227 4-adab-menyambut-idul-adha-miliki-pahala-luar-biasa-besar-yAL7hV5Q7O.jpg Ilustrasi adab-adab menyambut Idul Adha. (Foto: Rawpixel/Freepik)
A A A

TIDAK lama lagi kaum Muslimin menyambut hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi. Lebaran kurban ini diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Nah, berikut ini adab-adab yang bisa dilakukan kaum Muslimin dalam menyambut hari raya Idul Adha, sebagaimana dihimpun dari Muhammadiyah.or.id:

Baca juga: Puasa Arafah Menghapus Dosa Setahun Sebelum dan Sesudahnya, Ini Dalil Sahihnya 

1. Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Zulhijjah (8 Juli 2022). Pada saat itu kaum muslimin yang sedang menunaikan ibadah haji tengah wukuf di Padang Arafah. Sedangkan bagi kaum muslimin yang sedang wukuf di Arafah dilarang berpuasa. Adapun keutamaan puasa ‘Arafah adalah sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Dari Abi Qatadah al-Anshari, bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ditanya tentang puasa Arafah, lalu ia berrsabda: 'Puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa (selama dua tahun), yakni satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Adapun puasa ‘Asyura (10 Muharram) dapat menghapuskan dosa selama setahun yang telah lalu'." (HR Muslim)

Info grafis amalan-amalan sunah di hari Arafah. (Foto: Okezone)

Baca juga: Simak! Ini Niat Puasa Arafah 2022 Beserta Keistimewaannya yang Sangat Besar 

2. Memperbanyak takbir

Disunahkan membaca takbir, tahmid, dan tahlil yang dimulai setelah selesai Sholat Subuh pada pagi hari Arafah (9 Dzulhijjah) sampai akhir hari Tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah). Ucapan tersebut adalah:

اَللهُ أًكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ اْلحَمْدُ

atau

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Memperindah diri dengan pakaian terbaik dan wangi-wangian

Sebagaimana pada Sholat Idul Fitri, orang menghadiri Sholat Idul Adha juga dituntunkan agar berpenampilan rapi dengan berhias, memakai pakaian bagus, dan wangi-wangian.

"Dari Ja'far ibnu Muhammad, dari ayahnya, dari kakeknya (dilaporkan) bahwa Nabi Shallallahu alaihi wassallam selalu memakai wool (burdah) bercorak (buatan Yaman) pada setiap Id." (HR Asy-Syafi'i dalam kitabnya Al Musnad, I:152, hadis nomor 441)

4. Tidak makan sejak fajar sampai selesai Sholat Idul Adha

Berbeda dengan Idul Fitri, untuk Idul Adha dituntunkan agar orang tidak makam terlebih dahulu sejak fajar sampai dengan selesai Sholat Idul Adha. Hal ini sesuai sunah yang dilakukan Nabi Shallallahu alaihi wassallam.

"Diriwayatkan dari ‘Adullah ibnu Buraidah dari ayahnya (yaitu Buraidah Ibnu al Husaib) ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sampai sholat lebih dahulu." (HR At-Tirmidzi)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini