Share

Doa Tolak Bala agar Terhindar dari Bahaya dan Dilindungi Allah Ta'ala

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 11 Juli 2022 10:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 10 330 2627145 doa-tolak-bala-agar-terhindar-dari-bahaya-dan-dilindungi-allah-ta-ala-3SwamAsZiy.jpg Ilustrasi doa tolak bala agar terhindar dari bahaya dan dilindungi Allah Ta'ala. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA tolak bala agar terhidar dari bahaya dan dilindungi Allah Subhanahu wa ta'ala sangat penting dipahami kaum Muslimin. Mengamalkan doa ini rutin setelah sholat fardhu maupun sunah akan mendatangkan banyak kebaikan.

Mara bahaya berupa bencana alam, kejadian tidak terduga, dan lain-lain datangnya dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Maka itu, umat Islam dianjurkan senantiasa berdoa untuk meminta perlindungan-Nya.

Baca juga: Hukum Berhubungan Intim saat Malam Takbiran Idul Adha Lebaran Qurban 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam telah mengajarkan kepada kaum Muslimin untuk berdoa meminta perlindungan hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Berikut doa tolak bala agar terhindar dari bahaya dan dilindungi Allah Ta'ala.

Dalam hadist riwayat Imam Bukhari, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Artinya: "Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian." (HR Bukhari)

Baca juga: MUI Ungkap Hukum Berkurban atas Nama Orang yang Sudah Meninggal, Bolehkah? 

Ustman bin Affan pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membaca doa agar terhindar dari bahaya, sebagaimana yang tertuang dalam hadis riwayat Imam Abu Dawud dan Tirmidzi:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Selain itu, ada juga doa tolak bala yang sering didengar ketika sholat berjamaah di masjid:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya: "Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Alquran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,"

Demikian penjelasan mengenai doa tolak bala agar terhindar dari bahaya dan dilindungi Allah Subhanahu wa ta'ala. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini