Share

Jabal Qurban, Bukit Saksi Ketaatan Nabi Ibrahim dan Ismail pada Allah Ta'ala

Melati Pratiwi, Jurnalis · Selasa 12 Juli 2022 07:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 12 615 2627858 jabal-qurban-bukit-saksi-ketaatan-nabi-ibrahim-dan-ismail-pada-allah-ta-ala-8HxtvJbF6x.jpg Ilustrasi Jabal Qurban yang menjadi lokasi peristiwa Nabi Ibrahim hendak menyembelih putranya Nabi Ismail. (Foto: Freepik)
A A A

UMAT Islam pasti sudah tahu peristiwa Nabi Ibrahim Alaihissallam diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menyembelih putra tercintanya Nabi Ismail Alaihissallam. Inilah yang menjadi cikal bakal dari ibadah kurban setiap tahunnya di momen hari raya Idul Adha.

Dikisahkan Nabi Ibrahim Alaihissallam membawa Nabi Ismail Alaihissallam ke Jabal Qurban. Tanpa melawan sama sekali, Nabi Ismail menuruti perintah Allah Subhanahu wa ta'ala yang diberikan kepada sang ayah.

Baca juga: Cek Arah Kiblat! Matahari Melintas Tepat di Atas Kakbah pada 15-16 Juli 2022 

فَلَمَّاۤ اَسۡلَمَا وَتَلَّهٗ لِلۡجَبِيۡنِۚ

"Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (untuk melaksanakan perintah Allah)." (QS As-Saffat: 103)

Ketika Nabi Ibrahim Alaihissallam membaringkan tubuh Nabi Ismail Alaihissallam dan siap disembelih, Allah Subhanahu wa ta'ala pun mengganti sosok Nabi Ismail Alaihissallam dengan domba besar berbulu putih.

وَفَدَيْنٰهُ بِذِبْحٍ عَظِيْمٍ

"Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar." (QS As-Saffat: 107)

Jabal Qurban menjadi saksi bisu atas ketaatan Nabi Ismail Alaihissallam kepada ayahnya Nabi Ibrahim Alaihissallam. Sekaligus bukti iman Nabi Ibrahim dan Ismail kepada Allah Yang Maha Besar.

Baca juga: Masya Allah! Raja TikTok Khaby Lame Ternyata Penghafal Alquran, Ini Cerita Lengkapnya 

Letak Jabal Qurban

Usai menyimak cerita singkat cikal bakal ibadah kurban dari Nabi Ibrahim Alaihissallam dan Nabi Ismail Alaihissallam, muncullah pertanyaan seputar Jabal Qurban. Di mana sebenarnya letak bukit tersebut?

Sebagaimana telah MNC Portal himpun, Jabal Qurban ada di perbatasan antara Mina dan Muzdalifa. Dipercaya lokasi Jabal Qurban hanya berjarak 200 meter dari kediaman Nabi Ibrahim Alaihissallam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perbukitan mengelilingi lokasi sekitar Jabal Qurban. Selain itu di salah satu titik ada sebuah tugu yang berfungsi sebagai penanda peristiwa Nabi Ibrahim Alaihissallam menimpuk setan dengan jamarat (batu).

Hal itu dilakukan Nabi Ibrahim Alaihissallam lantaran setan nerusaha menggodanya untuk tidak menyembeli Nabi Ismail Alaihissallam. Seperti diketahui, penyembelihan tersebut merupakan perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala kepada Nabi Ibrahim melalui mimpi.

Setiap musim haji tiba, Jabal Qurban tidak pernah sepi dari para jamaah. Begitu pun ketika hari-hari biasa, jamaah umrah maupun warga lokal masih kerap menyembangi bukit yang menjadi saksi ketaatan Nabi Ismail Alaihissallam dan Nabi Ibrahim Alaihissallam.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini