Share

Bolehkah Mendahulukan Makan Dibanding Sholat?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 17 Juli 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 330 2630801 bolehkah-mendahulukan-makan-dibanding-sholat-qmC0riDsYB.jpg Ilustrasi hukum mendahulukan makan dibanding sholat. (Foto: Rawpixel/Freepik)
A A A

BOLEHKAH mendahulukan makan dibanding sholat? Hal ini ternyata ditanyakan banyak orang. Lantas, apa jawabannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, hal yang mesti digarisbawahi di sini ialah waktu dari kondisi tersebut muncul. Maksudnya, jika memang waktu sholat masih panjang, tidak apa makan dulu.

Baca juga: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat, Arab, Latin, Buka di Alquran Digital Okezone 

"Tapi kalau memang waktu sholat sudah mepet, ya tentunya sholat mesti didahulukan. Bagaimanapun, sholat lebih penting daripada makan malam," terangnya kepada Okezone ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Sementara itu dalam hadis riwayat Imam Bukhari nomor 672 dan Imam Muslim nomor 557 dijelaskan mengenai hal tersebut:

إِذَا قُدِّمَ الْعَشَاءُ فَابْدَءُوا بِهِ قَبْلَ أَنْ تُصَلُّوا صَلاَةَ الْمَغْرِبِ ، وَلاَ تَعْجَلُوا عَنْ عَشَائِكُمْ

Artinya: "Apabila makan malam sudah tersaji, maka dahulukanlah makan malam tersebut dari Sholat Magrib. Dan janganlah kalian tergesa-gesa dari makan kalian." (HR Bukhari nomor 672 dan Muslim 557)

Baca juga: Ini Amalan yang Dapat Posisi Tertinggi di Surga, Syekh Ali Jaber Ungkap Penyebabnya 

Terkait hadis tersebut, dai muda tersebut menjelaskan bahwa semua itu kondisional. Jika kondisi darurat, misalnya sangat lapar sampai tidak kuat berdiri untuk sholat, maka dahulukan makan.

"Atau seandainya memilih sholat terlebih dahulu, tapi pada saat sholat tidak khusyuk gara-gara ingat makanan, maka hendaknya makan duluan selama tidak ada niat menafikan sholat," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika sengaja meninggalkan sholat hanya karena ingin makan, maka Allah Subhanahu wa ta'ala tahu apa yang sebetulnya Anda lakukan dan tentunya ini akan mendapat ganjaran setimpal.

Perlu ditekankan sekali lagi, kalau memang waktu sholat berjamaah sudah sangat sedikit, maka diharuskan sholat dulu.

Baca juga: Doa agar Segera Punya Pekerjaan, Dimudahkan Meraihnya Berkat Allah Ta'ala 

Baca juga: Hukum Jual Beli Sperma dalam Islam, Ini Penjelasan Tegas Buya Yahya 

Diketahui bersama juga bahwa untuk melaksanakan sholat, hanya butuh beberapa menit, dan setelah itu Anda bisa makan untuk membuat perut kenyang.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini