Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Catat! Ini 7 Penyebab Mobil Bergetar saat Kecepatan Tinggi

Cita Zenitha , Jurnalis-Selasa, 19 Juli 2022 |13:05 WIB
Ilustrasi (Freepik)
Ilustrasi (Freepik)
A
A
A

TERNYATA ada beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Kejadian ini membuat pengendara cemas dan ketakutan. Untuk itu ketahui bagian-bagian mobil berikut yang berpotensi mengalami kerusakkan.

Mobil bergetar diakibatkan karena beberapa hal yang terjadi pada bagian tertentu. Biasanya kondisi ini menandakan bahwa mobil dalam keadaan tidak baik-baik saja. Bagi para pengendara yang berpengalaman mungkin penyebab mobil bergetar sangat mudah untuk dianalisa. Tapi bagi pengendara pemula keadaan mobil bergetar justru sangat menyulitkan.

Keadaan mobil bergetar harus segera diatasi, jika dibiarkan begitu saja kerusakan akan menyebar ke komponen lain. Selain itu juga untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas

 BACA JUGA:Intip Beda Harga Mobil James Bond Milik Anak Atta di Indonesia dan Luar Negeri, Fantastis!

Untuk itu kali ini Okezone akan membahas penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Berikut ini ada penyebab mobil bergetar yang perlu diketahui, yaitu:

Penyebab Mobil Bergetar saat Kecepatan Tinggi

1. Mesin

Komponen utama yang perlu menjadi perhatian adalah mesin. Sebab mobil tentu tidak akan berjalan tanpa mesin. Mobil yang tidak mendapat bahan bakar yang sesuai bisa mengalami kerusakan pada bagian kelistrikan dan kompresi.

Selain itu kerusakan pada mesin juga bisa disebabkan karena kopling dan setelan mobil yang tidak tepat. Performa mobil akan terganggu dan menyebabkan mobil bergetar terlebih saat melaju kencang.

2. Ban

Selanjutnya periksalah komponen ban sebelum melakukan perjalanan. Ban yang terpasang tidak seimbang bisa menimbulkan getaran pada mobil. Tidak seimbang yang dimaksudkan disini seperti tekanan angin pada masing-masing ban yang menyebabkan shockbreaker menjadi lebih berat sebelah.

 ilustrasi

Masalah ini sangat berpengaruh kepada kemudi mobil. Tidak hanya menjadi kurang nyaman saat mengendarai tetapi juga dapat membahayakan penumpang yang ada di dalam mobil.

3. Shockbreaker

Fungsi dari shockbreaker sendiri adalah untuk meredam getaran berlebih pada mobil saat sedang berjalan. Sehingga apabila shockbreaker mengalami kerusakan, getaran mobil sangat mudah terasa.

Jika saat mengendarai mobil dalam kecepatan rendah getaran mobil sudah sangat terasa itu menandakan shockbreaker mu dalam keadaan sangat parah. Segeralah ganti shockbreaker mu dari yang lama ke shockbreaker baru.

4. As Roda

Kondisi as roda yang rusak dan buruk menyebabkan getaran pada mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi. Kerusakan pada as roda membuat putaran mobil tidak stabil dan rentan mengalami getaran.

As roda ini terletak pada bagian bawah mobil dan sangat penting untuk membuat mobil tetap stabil saat melaju. Kerusakan as roda ini bisa disebabkan karena kelebihan beban pada mobil.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement