Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Begini Dampak Buruknya Pakai Gear Motor Terlalu Besar

Ratu Syra Quirinno , Jurnalis-Selasa, 19 Juli 2022 |16:11 WIB
Rantai motor (Zero Motor Cycles)
Rantai motor (Zero Motor Cycles)
A
A
A

UMUMNYA modifikasi sepeda motor dilakukan untuk agar terlihat lebih keren atau bisa juga ingin meningkatkan performanya. Salah satu bagian motor yang sering diganti adalah gear motor. Biasanya pemilik mengubah ukuran gear motor untuk menyesuaikan dengan velg dan ban yang baru diganti ukurannya.

Seperti diketahui, sepeda motor menggunakan rantai sebagai alat penggeraknya. Rantai berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin, lalu memutar roda belakang motor. Salah satu bagian dari rantai ini adalah gear yang ada di depan dan belakang.

Untuk ukuran gear belakang juga bisa berbeda-beda. Pabrikan sendiri biasanya memberikan berapa ukuran standar untuk gearnya. Namun banyak juga ditemui produk gear dengan ukuran yang lebih besar maupun kecil dari standar pabrikan.

 ilustrasi

Apabila Anda memutuskan untuk memperbesar ukuran gear bagian belakang maka akan menimbulkan efek kebalikan dari gear depan yang diperbesar. Dan semakin besar angka rasio gear, semakin baik akselerasinya.

Tapi di sisi lain, kecepatan puncak akan menurun. Begitu pun sebaliknya, semakin kecil angka rasio gear, semakin tinggi kecepatan puncaknya namun akselerasinya akan semakin menurun.

 BACA JUGA:4 Cara Merawat Rantai Motor, Bikers Wajib Tahu!

Pada dasarnya pabrik telah menyesuaikan ukuran gear pada setiap motor. Namun, sebagai manusia pasti ada saja yang ingin diganti atau di upgrade. Termasuk mengganti gear motor. Mengubah gear belakang motor memang diperbolehkan.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement