Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

4 Cara Mengetahui Aki Mobil Sudah Penuh

Novie Fauziah , Jurnalis-Selasa, 19 Juli 2022 |12:08 WIB
Ilustrasi mobil (freepik)
Ilustrasi mobil (freepik)
A
A
A

AKI menjadi salah satu bagian dari mesin dan diperlukan, agar kendaraan bisa berjalan serta kinerjanya optimal.

Tanpa adanya aki, kendaraan yang akan Anda bawa tidak akan bisa bekerja. Lantaran tak ada suplai penghasil listrik yang dapat menghidupkan generator. Lalu bagaimana cara mengetahui aki mobil terisi penuh?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa cara untuk mengetahui apakah aki pada mobil sudah penuh atau tidak.

1. Charger Otomatis Berhenti

Beberapa alat charger aki modern, sudah terdapat sensor untuk mengetahui apakah aki tersebut diisi ulang sudah penuh atau belum. Nantinya sensor yang ada di dalamnya berfungsi untuk menakar atau menimbang charger, guna memastikan apakah sudah cukup untuk melakukan pengisian ulang.

Apabila sensor mendeteksi aki sudah terisi, maka sensor itu akan memerintah charger untuk menghentikannya untuk melakukan pengisian ulang tanpa perlu mematikan alat tersebut secara manual.

infografis

2. Terdengar Bunyi Alarm

Selanjutnya untuk mengetahui apakah aki mobil sudah penuh, akan terdengar bunyi alarm. Beberapa alat pengecasan menyediakan timer yang memiliki alarm berfungsi untuk mengingatkan, ketika aki sudah terisi.

Namun alat ini tidak dapat mendeteksi, apakah daya yang diisi sudah penuh dengan sendirinya. Maka pengguna kendaraan harus menyesuaikan waktu pengisian yang dibutuhkan.

Kemudian apabila alarm berbunyi, artinya daya yang diisi sudah penuh dan harus segera dicabut secara manual.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement