Share
Advertisement

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Hasil Foto Terlihat Luar Biasa

Karina Asta Widara , Jurnalis-Selasa 19 Juli 2022 19:39 WIB
Foto: Fritekno
Foto: Fritekno
A
A
A

Jika Anda baru saja membeli kamrea DSLR atau sudah lama memotret dan ingin meningkatkan skill fotografi, Anda berada di tempat yang tepat. Fotografi adalah seni dan bukan sesuatu yang bisa Anda kuasai dalam semalam.

Tetapi dengan beberapa trik sederhana ini, Anda pasti akan menjadi fotografer yang lebih baik sehingga pada akhirnya dapat mengambil foto indah yang selalu Anda impikan.

Apa hal yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan foto yang berkualitas? Mari kita simak bersama ulasannya berikut ini.

1. Amati Pencahayaan

Bukan rahasia lagi bahwa fotografi dan pencahayaan terkait erat. Tanpa suatu bentuk pencahayaan, mustahil bagi siapapun untuk memotret.

Orang dapat membayangkan bahwa pengaturan kamera adalah hal pertama yang harus dipelajari untuk menjadi fotografer yang lebih baik, tetapi ini tidak sepenuhnya benar.

Untuk mendapatkan foto yang berkualitas, Anda harus mengamati cahaya dan melihat bagaimana cahaya mengubah eksposur dan menciptakan nuansa yang berbeda. Inilah letak seninya.

2. Fokus pada Teknik, Bukan Peralatan Mahal

Tentu, peralatan kamera yang lebih mahal dan lebih canggih akan menghasilkan gambar yang lebih bagus.

Namun, jika Anda tidak tahu cara menggunakannya, Anda tetap tidak akan bisa menghasilkan foto seperti yang dibayangkan.

Seorang fotografer yang baik dapat mengambil gambar yang bagus tanpa peralatan kamera yang paling mahal.

Jadi, jika Anda ingin menjadi fotografer yang lebih baik, Anda harus fokus pada teknik fotonya.

3. Belajar Menggunakan Aperture dan Shutter Speed

Setting kamera lainnya merupakan hal yang penting, tapi aperture dan shutter speed adalah dua alat terbaik yang perlu dipelajari jika Anda ingin menjadi fotografer yang hebat.

Pelajari cara kerja dua hal ini untuk mencapai hasil jepretan yang Anda inginkan. Mempelajari keduanya sejak awal akan menghemat waktu Anda dan memberikan hasil gambar yang lebih baik secara instan.

4. Gunakan Teknik Komposisi yang Berbeda

Komposisi adalah hal yang membedakan fotografer profesional dengan fotografer amatir.

Hanya dengan mengubah komposisi, Anda bisa menciptakan foto model yang luar biasa meski model sebenarnya bukanlah model profesional.

Komposisi foto berarti bagaimana sebuah foto disusun dan diatur, misalnya, di bagian mana subjek ditempatkan dalam foto. Ada beberapa teknik yang terbukti ampuh untuk menyempurnakan foto Anda jika digunakan dengan benar.

• Rule of Thirds (Aturan Sepertiga)

Aturan sepertiga bekerja seperti ini, Anda membagi gambar menjadi sembilan kotak yang sama (ini dapat dilakukan secara otomatis pada sebagian besar kamera). Kemudian tempatkan subjek Anda di titik temu garis.

Ini adalah teknik fotografi yang sudah digunakan sejak zaman kuno di Yunani (dalam lukisan).

Ketika Anda menempatkan subjek sesuai dengan aturan sepertiga, biasanya Anda akan mendapatkan komposisi yang lebih menarik.

• Leading Lines

Metode populer lainnya adalah komposisi leading lines, yang berarti mengambil garis dalam foto yang mengarahkan mata ke dalam foto. Ini menciptakan komposisi yang menarik sekaligus semacam perasaan misterius.

• Pola dan Simetri

Pola yang serupa serta bentuk dan garis simetris adalah cara yang baik untuk membuat komposisi yang lebih menarik.

Foto akan memiliki lebih banyak harmoni sekaligus menarik dan menawarkan banyak hal untuk dilihat tanpa menjadi berantakan.

• Framing (Pembingkaian)

Membingkai subjek adalah teknik berguna yang dapat menciptakan jepretan yang indah. Bingkai alami ada di mana-mana.

Misalnya, Anda bisa mengambil foto pemandangan sebuah danau dengan bingkai pepohonan di sisi kanan kirinya.

• Cropping

Cara lain adalah dengan meng-crop alias memotong foto untuk membuat komposisi yang lebih menarik.

Dengan meng-crop sebuah foto, Anda bisa menciptakan sebuah foto yang lebih menarik dari sebuah foto yang awalnya biasa-biasa saja.

5. Memotret di Saat Golden Hour

Cahaya memainkan peran besar dalam menentukan kualitas foto yang Anda ambil, dan banyak jepretan terbaik diambil selama golden hour atau jam emas yang terjadi dua kali sehari.

Sekali di pagi hari sebelum matahari terbit, dan sekali menjelang malam ketika matahari terbenam.

Cahaya selama golden hour dapat menciptakan efek yang menakjubkan pada foto Anda.

Foto Anda tidak akan menunjukkan bayangan tajam dan semburat cahaya yang biasanya terjadi pada tengah hari ketika matahari bersinar paling terang.

Untuk mendapatkan foto terbaik sesuai impian Anda, Anda bisa mempercayakannya pada jasa foto profesional seperti OnlyImage, yang melayani fotografi dan videografi untuk kebutuhan personal maupun bisnis.

OnlyImage telah mengerjakan ratusan proyek di berbagai lokasi karena mereka siap datang ke lokasi Anda atau Anda yang datang ke studio mereka.

Untuk menciptakan foto produk atau foto couple berkualitas terbaik, percayakan saja pada ahlinya.

OnlyImage akan membantu meningkatkan profil bisnis atau kebutuhan personal Anda. Jadi, hubungi OnlyImage segera untuk mendapatkan penawaran dan portfolio terbaru mereka.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement