Share

Luar Biasa! Ini 4 Keistimewaan Sedekah, Bisa Menolong pada Hari Kiamat Kelak

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 330 2631992 luar-biasa-ini-4-keistimewaan-sedekah-bisa-menolong-pada-hari-kiamat-kelak-Jv0c5FuCwb.jpeg Ilustrasi keistimewaan sedekah. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEDEKAH adalah salah satu amalan salih yang memiliki keistimewaan sangat besar. Banyak faedah di baliknya. Maka itu, sayang sekali jika tidak menyisihkan sedikit harta untuk sedekah.

Sedekah merupakan bentuk amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang mukmin sebagai bentuk rasa syukur terhadap kenikmatan yang diperoleh dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Sedekah sendiri bisa diberikan berupa material ataupun immaterial.

Baca juga: Cuma Abu Nawas yang Bisa, Raja Disuruh Cium Bau Kentut! 

"Bersedekah tidak hanya bertujuan mendapatkan pahala. Akan tetapi juga sangat membantu saudara kita yang membutuhkan," ucap dai muda Ustadz Fauzan Amin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Lantas, apa saja keistimewaan bersedekah? Berikut empat di antaranya, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis.

1. Orang bersedekah sangat disukai Allah Ta'ala

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 195:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: "Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah. Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah. Karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini: Membuka Pintu Rezeki Halal hingga Menjauhkan Bahaya 

2. Dilindungi Allah Ta'ala pada hari kiamat

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengatakan ada tujuh kelompok yang akan mendapat naungan di hari akhir kelak.

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْننُهُ

Artinya: "Orang yang sedekah dan menyembunyikannya sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang sudah disedekahkan tangan kanannya." (HR Bukhari dan Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Sedekah sama saja berbuat baik

Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam kitab Fathul Mu'in menjelaskan sabagai berikut:

وينبغي للراغب في الخير أن لا يخلي كل يوم من الأيام من الصدقة بما تيسر وإن قل وإعطاؤها سرا أفضل منه جهرا

Artinya: "Orang yang ingin berbuat baik seharusnya tidak melewatkan kesempatan bersedekah setiap hari semampunya, meskipun sedikit. Bersedekah dengan diam-diam lebih baik daripada memperlihatkannya."

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 19 Juli 2022M/19 Dzulhijjah 1443H 

Baca juga: Dana Perkara Holywings Bakal Disedekahkan, Ini Respons MUI 

4. Bisa mendamaikan orang yang berselisih

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah dijelaskan:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم - كل سُلامى من الناس صدقة , كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة , وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أ, ترفع عليها متاعه صدقة , والكلمة الطيبة صدقة , وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة , وتميط الأذى عن الطريق صدقة " رواه البخاري ومسلم

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah." (HR Bukhari dan Muslim)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini