Share

Shandy Purnamasari Unggah Surat Al Hujurat Ayat 10 Sebelum Umumkan Pisah dari Gilang Juragan 99, Ini Maknanya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 21 Juli 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 614 2633660 shandy-purnamasari-unggah-surat-al-hujurat-ayat-10-sebelum-umumkan-pisah-dari-gilang-juragan-99-ini-maknanya-a2W9pwvqrN.jpg Gilang Juragan 99 dan Shandy Purnamasari. (Foto: Instagram @shandypurnamasari)
A A A

SHANDY Purnamasari baru saja mengumumkan pisah dari Gilang Widya Pramana atau lebih dikenal Juragan 99. Hal itu ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagram-nya.

Tapi beberapa saat sebelum mengumumkan berpisah dari Gilang Juragan 99, Shandy Purnamasari sempat mengunggah petikan Surat Al Hujurat Ayat 10.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: "Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (QS Al Hujurat: 10)

Baca juga: Baru Pulang Haji, Shandy Purnamasari Umumkan Pisah dari Gilang Juragan 99 

Shandy Purnamasari. (Foto: Instagram @shandypurnamasari)

Dikutip dari Alquran Digital Okezone, Al Hujurat merupakan surat ke-49 di dalam kitab suci Alquran. Memiliki arti "Kamar-Kamar", Surat Al Hujurat berisi 18 ayat. Kemudian termasuk golongan Madaniyah atau turun di Kota Madinah, Arab Saudi.

Adapun makna Surat Al Hujurat Ayat 10 adalah sebagai berikut:

Dalam ayat ini, Allah Subhanahu wa ta'ala menerangkan bahwa sesungguhnya orang-orang Mukmin semuanya bersaudara seperti hubungan persaudaraan antara nasab karena sama-sama menganut unsur keimanan yang sama dan kekal dalam surga.

Baca juga: Amalan yang Membuat Sakaratul Maut Terasa seperti Digigit Semut 

Dalam sebuah hadis sahih diriwayatkan Imam Muslim itu adalah saudara muslim yang lain, jangan berbuat aniaya dan jangan membiarkannya melakukan aniaya. Orang yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah membantu kebutuhannya.

Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesuliannya pada hari Kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari Kiamat. (Riwayat Al Bukhari dari 'Abdullah bin 'Umar)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dalam hadis sahih yang lain dinyatakan: Apabila seorang muslim mendoakan saudaranya yang gaib, maka malaikat berkata, "Amin, dan semoga kamu pun mendapat seperti itu." (Riwayat Muslim dan Abu Ad-Darda')

Dikarenakan persaudaraan itu mendorong ke arah perdamaian, maka Allah Subhanahu wa ta'ala menganjurkan agar terus diusahakan di antara saudara seagama seperti perdamaian di antara saudara seketurunan, supaya mereka tetap memelihara ketakwaan kepada Allah Ta'ala.

Baca juga: 5 Fakta Larangan Merokok di Madinah, Pengumuman Sudah Ditempel hingga Denda Rp800 Ribu  

Gilang Juragan 99 dan Shandy Purnamasari. (Foto: Instagram @shandypurnamasari)

Baca juga: Cerita Mualaf Pramugari Cantik, Berawal Antar Jamaah Umrah ke Jeddah 

Mudah-mudahan mereka memperoleh rahmat dan ampunan Allah Subhanahu wa ta'ala sebagai balasan terhadap usaha-usaha perdamaian dan ketakwaan mereka. Dari ayat tersebut dapat dipahami perlu adanya kekuatan sebagai penengah untuk mendamaikan pihak-pihak yang bertikai.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini