Share

Abu Nawas Bohongi Balik Penipu, Tongkat Jelek Laku Dijual 100 Dinar Emas

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2022 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 22 614 2634609 abu-nawas-bohongi-balik-penipu-tongkat-jelek-laku-dijual-100-dinar-emas-WE1I0fOctr.jpg Ilustrasi kisah lucu Abu Nawas bohongi balik para penipu. (Foto: Istimewa)
A A A

ABU Nawas memang enggak bisa ditipu. Seperti kali ini sosok humoris itu berhasil membohongi balik para penipu yang ingin mengelabuinya. Tidak tanggung-tanggung, sebuah tongkat jelek laku dijual 100 dinar emas. Kok bisa? Gimana caranya?

Berawal ada penipu membawa tiga temannya mencegat Abu Nawas yang hendak menjual seekor keledai untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Atas dorongan sang istri, Abu Nawas berangkat ke pasar.

Baca juga: Telur atau Ayam Duluan? Abu Nawas Kasih Jawaban Cerdas, Raja Terpaksa Beri Hadiah 

Empat penipu tersebut mencari cara untuk mengelabui Abu Nawas. Mereka berempat sepakat mengelabui Abu Nawas bahwa yang dibawanya itu seekor kambing, bukan keledai.

Tiga penipu awal berusaha mengelabui Abu Nawas bahwa yang dibawanya adalah kambing meskipun Abu Nawas menegaskan yang dibawanya adalah keledai.

Tibalah penipu keempat untuk menyelesaikan misi terakhir. "Bagus sekali kambingmu ini," pencuri keempat membuka percakapan, seperti dikutip dari nu.or.id.

Baca juga: Abu Nawas ke Pasar Jual Bebek, Orang-Orang Malah Beli Keledainya 

"Kamu juga yakin ini kambing?" tanya Abu Nawas.

"Lho? Ya jelas sekali kalau hewan ini kambing. Kalau boleh aku ingin membelinya."

"Berapa kau mau membayarnya?"

"Lima dirham!" Abu Nawas setuju.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sepulang ke rumah sang istri ngomel. Karena keledainya hanya dihargai 5 dirham yang seharusnya bisa mencapai 50 dirham.

Daripada diomeli istri terus-terusan, Abu Nawas pergi ke hutan untuk mencari kayu yang ingin dia jadikan tongkat dan menghasilkan uang. Rencana berhasil, semua orang membicarakan kehebatan tongkat Abu Nawas.

Baca juga: Cuma Abu Nawas yang Bisa, Raja Disuruh Cium Bau Kentut! 

Baca juga: Bikin Heran! Abu Nawas Bisa Hitung Jumlah Ikan di Laut dan Bintang di Langit, Gimana Caranya? 

Kabar tersebut sampai ke para penipu. Mereka menginginkan tongkat Abu Nawas yang ajaib itu. Para penipu melihat sendiri bagaimana Abu Nawas mengacungkan tongkat di depan warung dan toko tanpa harus membayar.

Keempat penipu itu tertarik ingin membeli tongkat Abu Nawas dengan harga tinggi, tetapi awalnya Abu Nawas hanya cuek dan tidak mau menjual.

Singkat cerita, para penipu menghargai tongkat itu seharga 100 dinar emas dan Abu Nawas akhirnya menyerahkan tongkat tersebut ke empat orang yang menipunya.

Seketika itu, para penipu menjajal kesaktian tongkat seharga 100 dinar emas tersebut ke sebuah warung. Setelah makan, salah seorang penipu mengacungkan tongkat.

Baca juga: Pintar Banget! Modal Angguk-anggukan Gajah, Abu Nawas Dapat Banyak Uang 

Si pemilik warung bingung. "Kenapa kalian mengacungkat tongkat seperti itu?" kata pemilik warung.

"Bukankah Abu Nawas juga mengacungkan tongkat ini dan dibebaskan dari membayar?"

"Betul. Tapi Abu Nawas nitip uang kepadaku sebelum makan di sini!"

Baca juga: Abu Nawas Pukuli Penjaga Istana, Dibilang Itu Hadiah dari Raja, Aneh Banget! 

"Ampun! Ternyata kita tidak untung menipu Abu Nawas. Malah rugi besar!" ucap para penipu yang kena tipu balik oleh Abu Nawas.

Allahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini