Share
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Jadi Kekuatan Teknologi Mobil Listrik, Intip Beda Hybrid, PHEV dan BEV

Tangguh Yudha , Jurnalis-Senin, 25 Juli 2022 |12:04 WIB
Ilustrasi mobil listrik(freepik)
Ilustrasi mobil listrik(freepik)
A
A
A

SAAT ini mobil listrik sudah mulai memasuki pasar Indonesia. Pada mobil listrik, terdapat beberapa kekuataan teknologi yang digunakan, seperti hybrid, PHEV dan BEV. 

Lantas apa perbedaan ketiga teknologi tersebut?

Dirangkum MNC Portal, berikut perbedaannya melansir laman Nissan:

1. Hybrid Electric Vehicle

Jenis mobil listrik yang pertama adalah Hybrid Electric Vehicle (HEV). Mobil ini digerakkan oleh dua sistem, yaitu kolaborasi antara motor listrik dan bahan bakar. Mobil ini juga tidak memerlukan isi ulang listrik. Jadi ketika daya baterai habis, mobil ini akan mengandalkan energi yang diperoleh dari bahan bakar.

Mobil terbilang efisien dan hemat karena membagi pekerjaan pada dua sumber energi ini. Sebagian besar pekerjaan pergerakan mobil dikendalikan oleh energi dari bahan bakar. Sementara daya dari baterai digunakan untuk menjalankan fungsi sekunder pada mobil seperti fungsi AC, audio, dan lampu.

infografis

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) merupakan jenis mobil listrik yang bekerja dengan perpaduan energi dari baterai motor listrik dan bahan bakar.

Mobil ini menggunakan energi dari bahan bakar pada mobil, baterai mobil PHEV bisa juga diisi dayanya dengan di-charge.

Sumber listrik dari mobil ini juga diklaim dapat menjadi genset yang bisa mengaliri listrik ke rumah. Tentu saja akan sangat bermanfaat terutama di saat-saat darurat.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita otomotif lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement