Share

Rishi Sunak Berjanji akan Bersikap Keras terhadap China Jika Menjadi PM Inggris

Rahman Asmardika , Okezone · Senin 25 Juli 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 18 2636001 rishi-sunak-berjanji-akan-bersikap-keras-terhadap-china-jika-menjadi-pm-inggris-1u3WhjBt4n.jpg Kandidat Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak. (Foto: Reuters)
A A A

LONDON – Salah satu kandidat perdana menteri Inggris, Rishi Sunak pada Minggu (24/7/2022) berjanji akan bersikap keras terhadap China apabila ia terpilih sebagai pengganti Boris Johnson. Sunak menyebut negara kuat di Asia itu sebagai "ancaman nomor satu" terhadap keamanan domestik dan global.

Dilansir dari VOA Indonesia, janji mantan menteri keuangan itu disampaikan setelah Liz Truss, saingannya dalam kontes untuk memimpin partai Konservatif yang berkuasa, menuduhnya bersikap lemah terhadap China dan Rusia.

Media Global Times yang dikelola pemerintah China sebelumnya mengatakan Sunak adalah satu-satunya kandidat dalam kontes itu yang memiliki "pandangan yang jelas dan pragmatis untuk mengembangkan ikatan Inggris-China."

Sementara media Daily Mail, yang mendukung Menteri Luar Negeri Truss dalam kontes untuk menggantikan Boris Johnson, menyebut hal itu sebagai "dukungan yang tak diinginkan siapapun."

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Usulan Sunak mencakup penutupan ke-30 Institut Konfusius di Inggris, mencegah penyebaran pengaruh China lewat program budaya dan bahasa.

Ia juga berjanji untuk "mengeluarkan Partai Komunis China (CCP) dari universitas Inggris" dengan memaksa pihak universitas untuk membuka dana bantuan asing yang berjumlah lebih dari USD60,000 (sekira Rp897 juta) dan meminta mereka untuk mengkaji ulang kerja sama yang telah terjalin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini