Share

2 Amalan yang Pahalanya Jauh Lebih Besar daripada Haji dan Sholat, Syekh Ali Jaber Ajak Rutin Mengerjakan

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 25 Juli 2022 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 330 2635720 2-amalan-yang-pahalanya-jauh-lebih-besar-daripada-haji-dan-sholat-syekh-ali-jaber-ajak-rutin-mengerjakan-F0OaHydOTf.jpg Ilustrasi Syekh Ali ungkap amalan yang pahalanya jauh lebih besar daripada haji dan sholat. (Foto: Dok Okezone)
A A A

AMALAN yang pahalanya jauh lebih besar daripada haji dan sholat ternyata ada lho. Setiap kaum Muslimin tentu ingin belomba-lomba dalam kebaikan meraih pahala. Salah satunya adalah dengan melakukan amalan wajib yaitu sholat.

Selain itu, banyak pula Muslimin yang ingin menunaikan ibadah haji untuk menyempurnakan Rukun Islam yang kelima. Meski demikian, tidak semua orang bisa pergi haji karena satu dan lain hal.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah mengatakan ada amalan yang pahalanya jauh lebih besar daripada haji dan sholat. Berikut ini amalan-amalan tersebut, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Kisah Pria Jadi Mualaf Setelah Kenal Islam dari Pemuka Agama hingga Rasakan Nikmatnya Sholat Jumat 

1. Zikir

Dikutip dari kanal Youtube Ceramah Singkat, Syekh Ali Jaber rahimahullah pernah menyebutkan jika ada suatu amalan yang pahalanya melebihi ibadah haji dan sholat.

Amalan yang dimaksud adalah berzikir. "Zikir itu termasuk salah satu amalan sederhana, pahalanya di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala jauh lebih besar daripada haji, jauh lebih besar daripada sholat sendiri," ucapnya.

Baca juga: Abu Nawas Hidup Lagi! Bangun dari Keranda Jenazah, Warga Lari Ketakutan 

Syekh Ali Jaber melanjutkan, "Zikir itu jauh lebih besar, tersirat ulama zikir itu jauh lebih besar, maksudnya itu jauh lebih besar dari sholat sendiri. Ada yang menafsirkan adalah zikir di dalam sholat itu jauh lebih tinggi daripada sholat itu sendiri."

Sebab dalam sholat dari awal hingga akhir merupakan perwujudan dari zikir. Pada hadis lain juga dijelaskan jika rutin melakukan zikir setelah Sholat Subuh berjamaah dan melaksanakan sholat dua rakaat setelahnya dapat mendatangkan pahala setara haji dan umrah.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Barang siapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia tetap duduk sambil berzikir kepada Allah sampai matahari terbit dan kemudian sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Mendamaikan orang bertengkar

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bertanya kepada para sahabat, "Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari shalat dan puasa?"

Para sahabat pun menjawab, "Tentu saja."

"Yaitu engkau damaikan orang-orang yang bertengkar, dan barang siapa yang ingin panjang usia dan banyak rezeki, sambungkanlah tali silaturahmi," ucap Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (HR Abu Dawud dan Tirmizi)

Saling bermusuhan atau bertengkar bisa berakibat pada kehancuran suatu agama. Maka itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam selalu mengingatkan kepada umatnya untuk terus menjaga perdamaian dan mengindari pertikaian.

Demikian penjelasan mengenai 2 amalan yang pahalanya jauh lebih besar daripada haji dan sholat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini