Share

4 Doa yang Perlu Dibaca di Pagi Hari Jumat yang Dicontohkan Nabi Muhammad SAW

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 330 2635935 4-doa-yang-perlu-dibaca-di-pagi-hari-jumat-yang-dicontohkan-nabi-muhammad-saw-NLjgSAQ7XK.jpg Ilustrasi doa yang perlu dibaca di pagi hari Jumat yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA yang perlu dibaca di pagi hari Jumat yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW membawa berkah melimpah. Baca doa pagi hari Jumat ini untuk mendapat banyak keistimewaan.

Doa merupakan wujud permohonan menunjukkan keimanan dan kepercayaan. Selain itu dengan berdoa bisa memohon segala kebaikan dan keberkahan dalam hidup. Memanjatkan doa bagi umat Islam dapat dilakukan setelah selesai sholat, pada waktu tertentu, dan hari-hari khusus.

Baca juga: Dapat Hidayah, TikTokers Cantik Ini Yakin Jadi Mualaf hingga Kenakan Hijab Syari 

Salah satu hari khusus yang dianjurkan untuk berdoa adalah hari Jumat karena memiliki keistimewaan lebih dari hari lainnya. Pada hari ini segala amal kebaikan dan doa memiliki keutamaan lebih banyak. Oleh karena itu, kaum Muslimin sangat dianjurkan memperbanyak amal pada hari Jumat, salah satunya dengan memanjatkan doa.

Berikut ini bacaan doa yang perlu dibaca di pagi hari Jumat yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Dalam hadis, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam disebutkan membaca doa setiap hari Jumat pagi. Doa hari Jumat pagi yang dianjurkan Rasulullah dibaca sebanyak tiga kali:

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya."

Setelah membaca doa tersebut, menurut Imam Al Ghazali pada pagi sehari selepas sholat dan lisan belum melontarkan sepatah katapun iringi dengan bacaan Surat An-Nas, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq.

Bacaan surat-surat pendek tersebut bila dibaca pada bagi hari dapat menjadi perlindungan dari gangguan setan, mulai hari jumat hingga Jumat berikutnya.

Selain doa tersebut bisa juga membaca doa berikut ini yang dapat dipanjatkan pada hari Jumat, sebagaimana telah Okezone himpun:

Baca juga: Kisah Pria Jadi Mualaf Setelah Kenal Islam dari Pemuka Agama hingga Rasakan Nikmatnya Sholat Jumat 

Doa 1

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

"Ya Allah Subhanahu wa ta'ala, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa 2

Allahumma inni asaluka ya man la tughallithuhul masail, ya man la yusyagghiluhu sam’u an sami’a, ya man la yubrihumuhu ilhah al-mulihhin, Allahumma inni audzubika min juhdil bala wa darkis syaqa’ wa su’il qadha’ wa syamatatil a’da’. Allahummaksyif ‘anni wa ‘an kullil muslimin kulla syiddatin wa dhiqin wa karabin, Allahumma aslaluka farjan qariban, wa kaffa anni ma uthiq, wama la uthiq, Allahumma farrij ‘anni, wa an kullil Muslimin wa kul hammin wa ghammin, wa akhrijni wal muslimina min kulla karabin wa huzni.

"Ya Allah, Aku meminta kepadamu wahai Yang tidak dicampuradukkan perkara (bagi-Nya), wahai Yang tidak tersibukkan pendengaran mereka yang mendengarkan, wahai Yang ketentuannya tidak berpengaruh rintihan orang yang (berdoa) merintih, aku berlindung kepada-Mu dari malapetaka dan kesengsaraan, ketetapan yang buruk, dan caci maki musuh. Ya Allah, lepaskanlah dariku dan dari setiap Muslim setiap kesusahan dan kesempitan dan impitan, Ya Allah aku meminta kepadaMu jalan keluar segera, cukupkan dari apa yang aku mampu dan apa yang aku tidak mampu, Ya Allah angkatlah kesedihan dan kegundahan dariku dan dari setiap Muslim. Hentikan saya pada sesuatu yang dapat saya tanggung dan yang tidak bisa saya tahan. Angkat semua kekhawatiran dan kesusahan dari diri saya dan semua Muslim. Singkirkan keresahan dan kesedihan dari diri saya dan umat Muslim."

Doa 3

Ya Rabbi fi Yaumil Jumat wa ‘adta Ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi: Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul Jumat bil maghib.

"Ya Allah Subhanahu wa ta'ala, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hamba-Mu untuk menerima doa mereka, aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah SWT, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milikMu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam."

Doa 4

As'adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu

"Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhoi dengan cinta-Nya dan menjauhkan dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjuk kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya."

Demikian penjelasan mengenai doa yang perlu dibaca di pagi hari Jumat yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini