Share

Ridwan Kamil: Dear Baim Wong, Tak Semua Urusan Dunia Selalu Dilihat Sisi Komersil

Inin Nastain , Koran SI · Senin 25 Juli 2022 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 525 2635736 ridwan-kamil-dear-baim-wong-tak-semua-urusan-dunia-selalu-dilihat-sisi-komersil-xvw9zzfkY5.png Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto : Humas Pemprov Jabar)
A A A

BANDUNG - Keputusan Baim Wong yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham menuai pro kontra dari berbagai kalangan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil salah satu yang bersuara tentang fenomena itu.

Lewat unggahannya di media sosial, Kang Emil, demikian dia biasa disapa menyampaikan nasihat kepada artis peran itu. Dalam nasihat tertulisnya, Kang Emil menjelaskan, tidak semua hal bisa dilihat dari sisi komersil.

"Dear Baim Wong dkk, nasihat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula," tulis dia seperti dikutip, Senin (25/7/2022).

Keputusan Baim Wong itu, kata Ridwan Kamil , bisa berdampak terhadap hilngnya tujuan dari 'aksi' tersebut. "Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," tuturnya.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," lanjut Kang Emil.

Dijelaskannya, tidak jarang sebuah gerakan hanya memerlukan uang. Sehingga, tidak perlu ada aturan yang formal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," papar dia.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini