Share

FISIP Universitas Brawijaya Beri Gelar Doktor Honoris Clausa untuk Surya Paloh, Ini Alasannya

Avirista Midaada, Okezone · Senin 25 Juli 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 65 2635896 fisip-universitas-brawijaya-beri-gelar-doktor-honoris-clausa-untuk-surya-paloh-ini-alasannya-ZWJwzK3zr3.jpg FISIP Universitas Brajiaya beri gelar Doktor Honoris Clausa untuk Surya Paloh/Avirista Midaada

MALANG - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) memberikan gelar Doktor Honoris Clausa kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh.

Pemberian gelar Doktor Honoris Clausa ini diberikan kepada Surya Paloh karena gagasan dan ide yang dimilikinya.

Dekan FISIP UB Sholeh Muadi mengatakan, sebelum memberikan gelar Doktor Honoris Clausa pihaknya telah mempelajari sedemikian rupa dan cermat mengenai kelayakan seorang Surya Paloh untuk diberi gelar tersebut.

Terlebih pihaknya juga membahas dengan sejumlah tim akademisi UB termasuk Ketua Senat UB.

"Kami harus mempelajari dengan cermat kelayakan seorang Romovendus di sini ada Ketua senat dr. Darsono sekaligus promotor. Yang kami pelajari rekam jejak seorang calon penerima doktor honoris clausa. Kami lihat kelayakan Pak Surya Paloh diberikan Doktor Honoris Clausa," ucap Sholeh Muadi saat memberikan keterangan di hadapan awak media di FISIP UB, pada Senin pagi (25/7/2022).

Sholeh menjelaskan, sejumlah faktor membuat Surya Dharma Paloh diputuskan layak mendapat gelar Doktor Honoris Clausa dari FISIP UB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pertama karena peran aktif Surya Paloh dalam pembebasan sandera di Filipina.

"Ini catatan yang saya kira sejarah tidak mungkin bisa menghapus. Kedua pencetus ide restorasi Indonesia. Ketiga pencetus ide politik tanpa mahar. Beliau pencetus ide satu gagasan sosiologi kebangsaan," katanya.

Sebagai sebuah bangsa yang besar dikatakan Sholeh, peran dari Surya Paloh dalam perpolitikan di Indonesia dinilai cukup besar.

Apalagi disebut Sholeh, gagasan dari Surya Paloh mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana politik kebangsaan itu dilakukan.

"Oleh karena itu nanti pak Surya Paloh akan menyampaikan gagasan - gagasan itu yang sangat luar biasa. Juga ada semacam temuan-temuan yang didapatkan dari Pak Surya Paloh. Temuan paparan baru yang jadi guidance di masa yang akan datang," paparnya.

Selain faktor itu tadi, ada dua faktor lain yang membuat FISIP UB percaya pemberian gelar Doktor Honoris Clausa kepada Surya Paloh tak salah. Dimana Surya Paloh juga pernah mendapat gelar profesor dari Beijing University dan mendapat gelar bintang Mahaputra.

"Sehingga tepat diberikan gelar Doktor Honoris Clausa. Saya berharap ini tidak hanya sekedar hubungan dengan Universitas Brawijaya tapi FISIP dalam rangka membina mahasiswa kita punya pemikiran - pemikiran politik kebangsaan," tukasnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini