Share

Unik! Asmaul Husna Jadi Penunjuk Jalan Pendakian Gunung Dempo, Netizen: Takjub Masya Allah

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 26 Juli 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 614 2636438 unik-asmaul-husna-jadi-penunjuk-jalan-pendakian-gunung-dempo-netizen-takjub-masya-allah-k3debaPwM5.png Asmaul Husna jadi penunjuk jalan pendakian Gunung Dempo. (Foto: YouTube Fiersa Besari)
A A A

GUNUNG Dempo yang berada di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, memang menjadi salah satu favorit para pendaki karena jalur pendakian dengan tingkat kesulitan yang beragam. Selain itu, gunung dengan ketinggian 3.159 mdpl ini juga dikenal ramah bagi kalangan pendaki pemula.

Tidak hanya soal panoramanya yang indah, ada beberapa keunikan lainnya yang menarik perhatian dari Gunung Dempo ini. Salah satunya penunjuk jalan pendakian. Menariknya, para pendaki tidak diarahkan dengan ukuran meter di gunung ini, melainkan dengan 99 nama-nama baik Allah SWT atau Asmaul Husna.

Baca juga: Kisah Gadis Cantik Mantap Jadi Mualaf Usai Lihat Sepupu Mengaji di Masjid 

Hal itu terekam dalam kanal YouTube Fiersa Besari. Musisi sekaligus penggiat alam yang sedang mendaki bersama rekan-rekannya ini mengabadikan momen sejak awal keberangkatan. Setelah melakukan registrasi, Fiersa melanjutkan pendakiannya bersama seorang pemandu.

Di awal perjalanan, Gunung Dempo sudah memamerkan keunikannya dalam bentuk sebuah kali. Konon, kata sang pemandu, kali jernih itu digunakan orang zaman dahulu untuk berwudhu sebelum mendaki.

"Ini namanya Kali Suren. Konon zaman dulu orang mendaki Dempo harus ambil wudhu dulu, membersihkan badan, biar selamat sampai atas. Dari tahun 60-an sudah tertera di situ," ujar sang pemandu, dikutip pada Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Jadi Tahanan, Abu Nawas Tetap Bisa Gali Ladang di Rumahnya, Ajaib Banget! 

Usai berwudhu, mereka pun melanjutkan pendakian. Suasana pegunungan teh yang mulanya menemani perjalanan di awal keberangkatan sudah lenyap berganti hutan lebat. Di saat inilah nama-nama Asmaul Husna mulai ditemukan di setiap pepohonan rindang.

"Sepanjang jalur ada 99 Asmaul Husna. Ini kita baru ketemu yang pertama, Ar-Rahman. Nanti ke depan jarak berapa langkah kaki ada lagi yang lain, agar kita selalu mengingat nama-nama baik Allah Subhanahu wa ta'ala," ucap salah satu rekan Fiersa Besari dalam video tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Asmaul Husna memang memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri, karena banyaknya rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Dilansir nu.or.id, Syekh Shalih al Ja'fari pernah berkata, orang yang berdoa dengan Asmaul Husna maka telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya.

"Jadi apabila engkau menyebut Ar-Rahman Ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut Al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya." (Muhammad bin Alwi al Aidarus, Khawwash Asma' ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, Dar el-Kutub, Shan'a, cetakan ketiga 2011, halaman 16)

Baca juga: 5 Amalan untuk Menyambut Bulan Muharram Beserta Hukumnya 

Sontak saja tulisan-tulisan Asmaul Husna itu mencuri perhatian publik. Menilik kolom komentar, banyak yang takjub sekaligus terkejut dengan keunikan dari Gunung Dempo ini. Bahkan, banyak yang mengaku hatinya bergetar dengan fakta tersebut.

"Adanya asmaul husna di jalur pendakian menjadi hal yang luar biasa di dunia pendakian," tulis akun Jae****.

"Subhanallah penunjuk jalan yg berbeda dari gunung lain. Asmaul husna," komentar Dul****.

"Takjub Masya Allah Asmaul Husna," respons Rio****.

Baca juga: 5 Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan saat Pulang Haji, Salah Satunya Sholat Dua Rakaat 

"Keren parah sih, sepanjang jalur ada Asmaul Husna," balas Tau****.

"Luar biasaaa, bergetar euyy hati liat video ini karena Asmaul Husna sepanjang jalan," tulis Ase****.

"Auto berpahala tiap langkah tiap meter tiap mpdl selalu ingat Asmaul Husna, mantap Dempo, Islam itu indah Masya Allah," tukas Abd****.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini